Kompas.com - 02/03/2016, 08:59 WIB
|
EditorOik Yusuf

JAKARTA, KOMPAS. com - Indonesia kebagian Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge yang diotaki prosesor Exynos 8890. Hal itu disampaikan dalam peluncuran kedua flagship, Selasa (1/3/2016) di Ritz Carlton Jakarta.

Padahal, duet tersebut seyogyanya hadir dengan dua varian prosesor: Exynos buatan Samsung dan Snapdragon 820 buatan Qualcomm. Lantas mengapa pasar lokal tak diberi kesempatan memilih?

Menurut Product Marketing Head IT & Mobile Samsung Indonesia Denny Galant, urusan prosesor mana yang diperoleh tiap negara merupakan kebijakan Samsung pusat di Korea Selatan.

"Itu sudah keputusan global," kata dia usai acara peluncuran di tempat yang sama.

Meski demikian, Denny menegaskan kedua jeroan memiliki spesifikasi dan performa yang sama. Antara lain ditilik dari jumlah inti dan dukungan jaringannya.

Exynos 8890 dan Snapdragon 820 adalah prosesor delapan inti (octa-core) dan mendukung jaringan LTE Cat9 dengan kecepatan maksimal 450 Mbps. Hasil uji benchmark pun dikatakan identik.

"Experience yang dirasakan kami jamin sama," ujarnya.

Yang terpenting, kata Denny, baik dengan prosesor Exynos maupun Snapdragon, performa CPU Galaxy S7 bersaudara meningkat 30 persen dari pendahulunya.

Pertanyaan selanjutnya, jika benar-benar sama, kenapa harus disediakan dua varian prosesor? Marketing Director Samsung Indonesia Vebbyna Kaunang buru-buru menimpali. Lagi-lagi dengan dalih strategi global.

"Samsung selalu mengambil komponen dari banyak perusahaan. Alasannya banyak. Intinya merujuk ke pengalaman terbaik bagi pengguna," ia memungkasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.