Tidur di Sebelah Smartphone Bikin Otak Jadi Pikun

Kompas.com - 07/03/2016, 13:18 WIB
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Tidur berdekatan dengan smartphone bisa merusak otak manusia. Mitos itu telah lama bergulir, namun penelitian untuk membuktikannya masih terus dilancarkan.

Satu hal yang pasti, kilau biru (blue light) dari semua layar perangkat elektronik -termasuk smartphone- akan mengganggu kualitas tidur sehingga otak tidak bisa beristirahat maksimal.

Padahal, menurut peneliti dari University of Rochester dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) dalam laporan yang dirangkum Quartz dan dihimpun KompasTekno, Senin (7/3/2016), kualitas tidur penting buat menjaga kinerja otak.

Organ di kepala ini butuh istirahat sekitar 6-8 jam per hari. Kalau kurang, bakal ada penumpukan neurotoksin bernama "beta-amyloid" di otak. Senyawa beracun ini ditemukan di  penderita gangguan otak seperti demensia dan alzheimer.

Demensia adalah istilah yang merujuk pada penurunan fungsional dalam berpikir dan bekerja sehari-hari. Adapun alzheimer merupakan salah satu jenis demensia. Gejala awalnya adalah penurunan daya ingat alias menjadi pikun. 

Pendek kata, tidur berdekatan dengan smartphone yang menghasilkan blue light bisa mengganggu kualitas istirahat. Pada gilirannya, kekurangan istirahat bisa memicu gangguan otak seperti tersebut di atas.

Pencegahannya sederhana saja, yakni smartphone mesti dijauhkan dari tubuh saat sedang tidur. Seberapa jauh? Para peneliti belum begitu yakin. Yang pasti, mereka mengajurkan agar tidak meletakkan ponsel di samping kepala.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Quartz


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.