Internet XL "Panen" Saat Gerhana Matahari 9 Maret

Kompas.com - 10/03/2016, 15:55 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Bersamaan dengan terjadinya gerhana matahari total di sejumlah wilayah Indonesia, lalu lintas layanan data XL Axiata (XL) melonjak tajam. Artinya saat itu banyak orang yang justru internetan.

Melalui keterangan resmi pada KompasTekno, Kamis (10/3/2016), pada momen tersebut banyak pelanggan XL yang mengunggah foto dan video, ukurannya pun besar.

Pantauan terhadap jaringan pun menunjukkan adanya kenaikan lalu lintas pemakai 2G, 3G, dan 4G hingga 40 persen dibanding hari biasa.

"Kami sudah prediksi fenomena gerhana matahari total akan diabadikan oleh masyarakat luas, lalu mereka berbagi foto dan video ke mana saja," ujar Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya.

"Aktivitas mengabadikan dan membagikan foto secara serentak itu, menurut saya merupakan salah satu fenomena yang menarik di era digital ini," imbuhnya.

Menurut Yessie, XL sudah mengoptimalkan kinerja jaringannnya sebagai mengantisipasi kenaikan lalu lintas pengguna.

Optimalisasi dilakukan di titik-titik menjadi pusat pengamatan gerhana. Antara lain di Belitung dan Palembang.

Lonjakan lalu lintas pengguna data di Palembang dan Palangkaraya tercatat meningkat 30 persen. Balikpapan mengalami lonjakan 100 persen, sedangkan Jakarta yang cuma mengalami gerhana sebagian melonjak 30 persen.

Lalu lintas data tertinggi ada di Belitung. XL memang baru saja menyalakan sinyal 4G LTE di sana, tepatnya sepekan sebelum peristiwa gerhana matahari total.

Kemudian saat gerhana matahari total terjadi, Rabu (9/3/2016), lalu lintas data di jaringan 4G LTE mencapai 3350 persen.

Sinyal internet cepat XL sendiri memang belum didistribusikan rata ke seluruh pulau. Mereka hanya menghidupkannya di daerah-daerah wisata, bandara serta pusat kota.

Di Belitung juga terjadi lonjakan penggunaan 3G hingga 75 persen dan 2G hingga 85 persen dibanding hari biasa.

Lonjakan lalu lintas data terjadi karena orang-orang dari berbagai daerah datang dan berkumpul di titik tertentu untuk melihat gerhana matahari total. Orang-orang itu juga mengakses internet dan langsung membagikan foto atau video karya mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.