Kompas.com - 12/04/2016, 08:36 WIB
Ilustrasi Digital TrendsIlustrasi
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Jepang berencana utnuk memulai program uji coba mengubah sidik jari turis menjadi moda pembayaran. Ya, hanya dengan menempelkan jari ke mesin pemindai saja maka turis bisa membeli minum hingga membayar hotel.

Namun jangan bayangkan semua itu bisa dilakukan gratis, cuma dengan menyerahkan sidik jari. Di baliknya, turis tetap mesti menyediakan kartu kredit.

Caranya, saat tiba di Jepang, kartu kredit dan informasi mengenai sidik jari turis mesti direkam di sebuah kios dalam kompleks bandara. Semua informasi tersebut akan disimpan dan dipakai ketika turis membutuhkannya.

Misalnya saat turis itu mengunjungi hotel dan toko-toko tertentu. Mereka bisa membayar dengan cara memindai sidik jari saja, tanpa harus mengeluarkan kartu kredit.

Pemerintah Negeri Sakura berharap metode demikian bakal lebih aman bagi turis. Risiko kehilangan atau kecopetan pun bisa dikurangi.

Seperti dilansir KompasTekno dari Mashable, Selasa (12/4/2016), program pembayaran melalui sidik jari akan dimulai pada musim panas mendatang.

Total ada sekitar 300 toko, hotel dan restoran yang menerima metode pembayaran itu. Rencananya akan menjangkau banyak lokasi sebelum olimpide 2020 berlangsung di Tokyo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Data yang terkumpul dari berbagai transaksi turis akan dipakai sebagai bahan rancangan strategi wisata Jepang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.