Kompas.com - 12/04/2016, 13:29 WIB
Layanan pesan instan Facebook Messenger FacebookLayanan pesan instan Facebook Messenger
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Fitur terbaru Facebook Messenger bisa disebut sangat mirip dengan Snapchat. Ternyata, bukan kali ini saja Facebook Messenger meniru fitur yang terdapat di Snapchat.

Facebook punya sejarah panjang dalam membuat fitur baru yang "terinspirasi" dari Snapchat. Pada 2012, misalnya, jejaring sosial terbesar di dunia itu meluncurkan Poke.

Seperti Snapchat, pengguna Poke bisa chatting lewat teks, foto, dan video yang tampil sementara sebelum terhapus secara otomatis.

Setelah itu, muncul Facebook Slingshot yang mengkhususkan diri pada foto dan video. Sayangnya, baik Poke maupun Slingshot tak berhasil menarik pengguna dan perlahan-lahan menghilang dari peredaran.

Entah ada hubungannya atau tidak, pada 2013, Facebook sempat berupaya membeli Snapchat seharga 3 miliar dollar AS atau tiga kali lipat nilai Instagram ketika diakuisisi.

Meski sangat menggiurkan, tawaran tersebut justru ditolak oleh pendiri sekaligus CEO Snapchat, Evan Spiegel, yang lebih memilih untuk mengembangkan bisnisnya sendiri ketimbang berada di bawah naungan Facebook.

MSQRD Tampilan aplikasi MSQRD yang diakuisisi oleh Facebook pada awal Maret
Semenjak itu, Facebook mulai gencar menambah fitur-fitur baru ala Snapchat ke aplikasi pesan instan Messenger miliknya yang diklaim sudah memiliki 900 juta pengguna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yang terbaru, Facebok diduga kuat bakal segera menambah fitur "animated filter" yang mampu mengubah wajah penggunanya dalam video secara real-time di Messenger.

Indikasi soal ini terlihat dari akuisisi perusahaan live filter dan face swap MSQRD, bulan lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.