HTC 10, Ponsel Berkamera Depan OIS Pertama di Dunia

Kompas.com - 13/04/2016, 06:40 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Vendor ponsel Taiwan HTC secara resmi memperkenalkan ponsel Android terbarunya yang diberi nama HTC 10 pada Selasa (12/4/2016).

Ponsel ini menjadi yang pertama di dunia mengusung kamera depan yang dilengkapi dengan fitur anti-goyang foto alias optik penstabil gambar (optical image stabilizer/OIS). Fitur OIS berguna mereduksi gangguan gambar akibat tangan yang bergerak saat memotret.

HTC 10 menggunakan layar 5,2 inci resolusi quad HD yang oleh HTC diklaim bisa menampilkan 30 persen warna lebih banyak dari generasi sebelumnya.

Layar ponsel ini dilengkapi dengan lapisan anti gores Gorilla Glass dengan desain tepian yang melengkung yang menyatu dengan bodi berbahan logam.

HTC Android HTC 10 dengan bodi berbahan metal dan pinggiran melengkung.
Dari sisi hardware, HTC 10 dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 820 dan RAM 4 GB, kombinasi yang sudah umum dimiliki ponsel Android kelas atas pada tahun ini.

Penyimpanan internalnya sebesar 32 GB dan bisa ditambah dengan slot microSD untuk ekspansi hingga kapasitas 2 TB.

Baterai HTC 10 berkapasitas 3.000 mAh dan diklaim HTC mampu dipakai selama dua hari berkat software optimasi hardware yang dimiliki, ditambah fitur Quick Charge 3.0 melalui konektor USB Type-C.

Seperti disinggung di atas, HTC 10 memiliki kamera depan dengan fitur OIS. Resolusi sensor kamera depannya 5 megapiksel dipasangkan dengan optik dengan diafragma lebar f/1,8.

Sementara kamera utamanya juga dibekali dengan fitur OIS. Ia memiliki sensor resolusi 12 megapiksel dengan lensa berdiafragma f/1,8 dan dilengkapi dengan lampu flash dual-LED dan sistem autofokus laser. Kamera utama ini mampu menghasilkan video kualitas 4K.

Dari segi audio, HTC meracik speaker HTC 10 dengan teknologi Boom Sound baru yang diklaim menghasilkan kualitas audio dua kali lebih tinggi dibanding ponsel Android lainnya.

Soal harga, dikutip KompasTekno dari Phone Arena, HTC 10 dibanderol dengan harga 699 dollar AS atau sekitar Rp 9 juta di pasar Amerika Serikat.

HTC 10 tersedia dalam varian warna Glacier Silver, Carbon Gray, bisa mulai dipesan di situs resmi HTC mulai 12 April dan akan dikirim pada Mei.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.