Kompas.com - 21/04/2016, 20:17 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Snapchat merilis sebuah filter yang membuat wajah pengguna tampak seperti penyanyi reggae asal Jamaika Bob Marley, Rabu (20/4/2016) kemarin.

Kebetulan, waktu perilisannya bertepatan dengan tanggal spesial bagi para penikmat ganja. Kebetulan pula, musik bergenre reggae lekat dengan atribusi ganja.

Hal tersebut kemudian memicu kontroversi di kalangan netizen, sebagimana dilaporkan TechInsider dan dihimpun KompasTekno, Kamis (21/4/2016).

Terlebih, filter tersebut membuat kulit pengguna cenderung coklat layaknya Bob Marley. Beberapa netizen menyebut filter Snapchat tersebut sebagai "digital blackface" alias "wajah hitam secara digital".

Berikut beberapa komentar bernada sindiran atas filter Snapchat yang tersebar di Twitter.

Agaknya baru kali ini filter yang dikeluarkan Snapchat menuai reaksi negatif dari netizen. Juru bicara Snapchat pun angkat bicara.

"Filter yang kami buat bekerja sama dengan Bob Marley Estate sebagai bentuk apresiasi untuk Bob Marley dan musiknya," kata sang juru bicara.

"Jutaan pengguna Snapchat adalah penikmat musik Bob Marley, dan kami menghargai karya-karyanya," ia menambahkan.

Pantauan KompasTekno, filter tersebut sudah tak tersedia bagi pengguna aplikasi Snapchat untuk Android. Namun, beberapa pengguna iOS masih bisa mengunggah konten video atau foto dengan dibubuhi filter tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.