Eksklusif: Ini Bocoran Isi Aturan TKDN Ponsel 4G

Kompas.com - 18/08/2016, 13:26 WIB
Sampul depan salinan Permenperin No 65 Tahun 2016 Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comSampul depan salinan Permenperin No 65 Tahun 2016
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memang belum mengumumkan skema Tingkat Komponen Dalam Negeri ( TKDN) ponsel 4G yang baru. Namun peraturan mengenai penghitungan komponen lokal ponsel 4G tersebut, menurut sumber KompasTekno, telah ditandatangani oleh Menperin terdahulu, Saleh Husin.

Sumber dalam industri yang menolak disebut namanya itu mengatakan bahwa skema TKDN dirinci dalam Permenperin No 65 tahun 2016 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri Produk Telepon Seluler, Komputer Genggam (Handheld), dan Komputer Tablet.

Baca: Aturan TKDN Ponsel 4G Sudah Diteken Pemerintah?

Seperti diketahui, aturan TKDN sebesar 30 persen wajib dipenuhi oleh produsen ponsel 4G agar dapat memasarkan produknya ke Indonesia. Jika tak memenuhi aturan tersebut, mereka dilarang menjual produknya di Indonesia.

Aturan komponen lokal perangkat 4G yang berlaku saat ini adalah kewajiban 20 persen kandungan lokal. Mulai 1 Januari 2017 mendatang, TKDN yang wajib dipenuhi adalah sebesar 30 persen. (Baca: Resmi, Ponsel 4G Wajib 30 Persen Komponen Lokal)

Di dalam salinan Permenperin No 65 tahun 2016 yang diberikan secara eksklusif kepada KompasTekno, Selasa (16/7/2016), dirinci mengenai skema pemenuhan TKDN minimal 30 persen melalui dua alternatif, pertama dengan pembobotan besar pada aspek manufaktur (hardware) dan opsi kedua dengan pembobotan besar pada aspek aplikasi (software).

Alternatif lain, atau skema ketiga, vendor bisa memenuhi syarat TKDN ponsel 4G dengan komitmen investasi.

Lebih detil mengenai ketiga skema tersebut dijabarkan sebagai berikut:

Opsi pertama (hardware)

Pemenuhan TKDN melalui jalur pertama dimuat dalam Pasal 4, rincian tersebut mensyaratkan, antara lain:

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X