Diproduksi di Indonesia, Android BlackBerry Dijamin Penuhi TKDN

Kompas.com - 29/09/2016, 12:16 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - BlackBerry telah membuat perusahaan joint venture, PT BB Merah Putih, untuk memproduksi ponsel Android di Indonesia. Adapun perakitannya akan dikerjakan bersama dengan vendor lokal, Tiphone. Dengan demikian, bisa dipastikan bahwa ponsel Android BlackBerry bakal hadir di Indonesia.

Ponsel-ponsel Android yang bakal diproduksi dan dijual di Indonesia dijamin bakal memenuhi syarat tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) yang disyaratkan oleh pemerintah untuk ponsel-ponsel 4G.

"Produk (ponsel Android) yang didistribusikan di Indonesia akan memenuhi TKDN, 100 persen dibuat di Indonesia, kontribusi BlackBerry hanya memasok software," kata Ralph Pini, Chief Operating Officer Blackberry sekaligus General Manager for Devices, saat dihubungi KompasTekno, Kamis (29/9/2016).

"Software-nya pun juga akan dipasang di dalam negeri," imbuh Pini.

Baca: BlackBerry Gandeng Tiphone Rakit Ponsel Android di Indonesia

Dok. BlackBerry Ralph Phini, COO dan General Manager for Devices, Blackberry.
Software OS Android yang dibuat oleh BlackBerry diklaim lebih aman dibanding OS Android yang ditanamkan di ponsel-ponsel lainnya. Ini adalah salah satu nilai jual BlackBerry, sekaligus strategi bersaing mereka di Indonesia.

Seperti diketahui, pemerintah telah mengesahkan aturan TKDN ponsel 4G yang di dalamnya terdapat beberapa pilihan skema, yakni jalur software, hardware, dan investasi.

BlackBerry nampaknya memilih jalur hardware untuk masuk ke Indonesia dengan merakit produk-produknya di dalam negeri, bekerja sama dengan Tiphone.

Baca: BlackBerry Akan Rakit Ponsel Android di Indonesia

Seperti diberitakan sebelumnya, BlackBerry memutuskan mundur dari bisnis handset dan konsentrasi ke bisnis software, baik untuk konsumen umum maupun perusahaan/enterprise.

Selanjutnya, handset-handset BlackBerry akan di-outsource ke perusahaan rekanan. Sejauh ini, BlackBerry baru mengumumkan satu rekanannya, yakni PT BB Merah Putih yang didirikan di Indonesia.

Baca: BlackBerry Berhenti Produksi Ponsel Sendiri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.