Kompas.com - 07/10/2016, 07:04 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Fujitsu berniat hengkang dari pasar PC mass-market. Pada Kamis pekan lalu, perusahan asal Jepang tersebut mengumumkan tengah berada dalam proses pembicaraan dengan Lenovo untuk melego unit bisnis PC miliknya.

“Kami sedang mempertimbangkan berbagai opsi untuk unit PC, termasuk kemungkinan meneken deal dengan Lenovo,” sebut Fujitsu dalam sebuah pernyataan yang dirangkum KompasTekno dari The Wall Street Journal, Kamis (6/10/2016).

Lenovo sejauh ini hanya memiliki pangsa kecil di pasar PC Global, hanya sebesar 1,1 persen menurut data kuartal kedua dari IDC. Sebaliknya, Lenovo menguasai market share 21,1 persen.

Sebelumnya, Lenovo sudah pernah membeli unit bisnis PC dari NEC yang juga berasal dari Jepang pada 2011 lalu. Tahun 2005, Lenovo mencaplok bisnis PC ThinkPad dari IBM.

Sementara itu, pasar PC global semakin menciut, seiring dengan makin banyaknya konsumen yang bergeser ke smartphone dan tablet untuk kebutuhan komunikasi dan akses internet.

IDC memprediksi volume pasar PC tahun ini akan kembali turun menjad 256 juta unit. Angka tersebut sekitar 30 persen lebih rendah dibandingkan lima tahun lalu.

Fujitsu pada awal tahun ini sempat berupaya melepas bisnis PC miliknya melalui merger tiga pihak dengan Toshiba dan Vaio (Sony). Namun rencana tersebut gagal terwujud karena ketiganya tidak ada yang siap untuk memimpin upaya bersama itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.