Kompas.com - 19/12/2016, 06:42 WIB
Mobil tanpa sopir XC90 besutan Volvo dan Uber UberMobil tanpa sopir XC90 besutan Volvo dan Uber
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Awal pekan ini, Uber memulai uji coba mobil tanpa sopir (driverless/swa-kemudi) buatannya di kota San Francisco, Amerika Serikat (AS).

Uji coba tersebut bermasalah lantaran Uber tak memiliki izin untuk menguji kendaraan swa-kemudi di jalanan umum. Apalagi, hanya sehari setelah dimulai, salah satu mobil swa-kemudi Uber terekam video menerobos lampu merah.

Department of Motor Vehicles (DMV) negara bagian California yang menaungi San Francisco pun menegur Uber dan meminta uji coba mobil swa-kemudi dihentikan karena tak berizin.

Tapi rupanya Uber ngeyel dan tetap melanjutkan uji coba sambil menentang perintah dari DMV. Vice president Advanced Technologies Group Uber, Anthony Levandowski, ngotot mengatakan pihaknya tak perlu mengantongi izin.  

“Dengan hormat, kami tidak sependapat dengan interpretasi hukum dari California Department of Motor Vehicles, terutama soal izin yang diperlukan Uber,” sebut Levandowski dalam pernyataan yang dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Senin (19/12/2016).

Uber menyamakan teknologi swa-kemudi kendaraannya dengan fitur autopilot di mobil bikinan Tesla yang bebas berlalu-lalang di kota San Francisco, dan karena itu tak perlu izin khusus.

Teknologi autopilot Tesla memungkinkan mobil menyetir sendiri, tapi pengemudi mesti tetap memegang setir untuk berjaga-jaga. Adapun mobil swa-kemudi Uber dikawal oleh seorang teknisi  di kursi depan untuk keperluan serupa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Teknologi macam ini umum ditemukan di ribuan kendaraan yang ada di Bay Area (termasuk San Francisco), tanpa perlu izin DMV,” lanjut argumen Levandowski.

Meski demikian, perusahaan-perusahaan teknologi lain yang sama-sama mengembangkan mobil swa-kemudi diketahui mengantongi izin untuk uji coba, termasuk Google, Tesla, dan Ford Motor.

Baca: Mobil Tanpa Sopir Uber Terekam Menerobos Lampu Merah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.