Perangkat Pertama Snapdragon 835 Bukan "Smartphone"

Kompas.com - 05/01/2017, 07:10 WIB
R-8 dan R-9, kacamata pintar pertama yang pakai Snapdragon 835 EngadgetR-8 dan R-9, kacamata pintar pertama yang pakai Snapdragon 835
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Nama Osterhout Design Group (ODG) memang belum begitu terkenal. Namun, perusahaan asal San Francisco tersebut berhasil mencuri perhatian masyarakat di ajang CES 2017 yang digelar di Las Vegas, AS.

Bagaimana tidak, ODG menjadi vendor pertama yang merilis perangkat dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 835 teranyar. Perangkat yang dimaksud bukan smartphone, melainkan kacamata pintar alias smartglass.

Tak tanggung-tanggung, ODG langsung merilis dua smartglass sekaligus yang dinamai R-8 dan R-9. Keduanya mampu memberikan pengalaman augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) atau diistilahkan mixed-reality.

Baca: Prosesor Snapdragon 835 Resmi Meluncur, Berikut Kemampuannya

AR merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna melihat konten visual tambahan pada pemandangan nyata. Sementara itu, VR membuat pengguna merasa seakan-akan masuk ke konten visual yang dilihat via perangkat.

R-8 merupakan versi yang lebih murah dengan jarak penglihatan alias field-of-view selebar 40 derajat. Resolusi yang ditampilkan cuma 720 piksel.

Sementara itu, R-9 yang lebih premium mampu memberikan jarak pandang hingga 50 derajat dengan resolusi 1.080 piksel, sebagaimana dilaporkan Engadget dan dihimpun KompasTekno, Kamis (5/1/2017).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

R-8 dibanderol seharga 1.000 dollar AS atau setara Rp 13,3 juta. R-9 hampir dua kali lipat lebih mahal, yakni 1.799 dollar AS atau senilai Rp 23,3 jutaan.

Untuk pasar komersil, R-8 dijadwalkan tersedia pada pertengahan 2017 mendatang. Sementara itu, R-9 lebih dulu ada pada kuartal kedua tahun ini.

Baca: Pakai Snapdragon 835, Ponsel Bisa Tahan 5 Hari?



Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.