Kompas.com - 25/01/2017, 16:00 WIB
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com — Melalui Moto Z dan Moto Z Play, Lenovo ingin masuk ke tiga besar pemain smartphone di Indonesia. Hal ini diutarakan oleh Aymar de Lencquesaing, Chairman & President Motorola Mobility, di sela peluncuran kedua perangkat tersebut di Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Menurut Aymar, pertumbuhan Lenovo di Indonesia terus membaik dari tahun ke tahun. Ia mengungkap, pada kuartal IV 2016 lalu, pangsa pasar Lenovo sudah mencapai 7 persen di pasar Indonesia. Angka tersebut naik dari 5 persen jika dibandingkan pada akhir 2014 lalu.

"Untuk tahun ini, terlalu dini untuk menyebut pangsa pasar yang ingin diraih. Namun, kami menargetkan, pangsa pasar Lenovo menjadi double digit tahun 2017 ini," kata Aymar.

"Pada akhirnya, target kami ingin berada di tiga besar di Indonesia," imbuhnya.

Di Indonesia, pasar smartphone tumbuh enam persen pada 2016. Ada sekitar 33 juta smartphone yang terjual dalam kurun satu tahun terakhir. Indonesia juga menjadi pasar yang penting bagi Lenovo. Pasalnya, Indonesia merupakan pasar smartphone terbesar kelima di dunia.

Sementara itu, di regional Asia Pasifik, Indonesia menjadi pasar terbesar kedua bagi Lenovo, mengalahkan India.

Baca: Lenovo Resmi Luncurkan "Smartphone" Modular Moto Z di Indonesia

Strategi dual-brand

Dengan strategi dual-brand, yakni Lenovo untuk segmen menengah ke bawah dan Moto untuk segmen premium, Lenovo yakin bisa mewujudkan target tiga besarnya tahun ini. Untuk mencapainya, Lenovo akan gencar melakukan penetrasi di pasar online sekaligus offline.

"Kami ingin memanfaatkan momentum pasar online, tetapi juga tidak ingin melupakan peritel offline," kata Adrie Suhardi, Country Lead Mobile Business Group Lenovo Indonesia.

"Masih ada pelanggan yang 80 persen butuh untuk memegang, mencoba, dan berinteraksi langsung di toko jika ingin membeli smartphone premium," ujar Adrie.

Saat ditanya apakah mungkin Lenovo pada masa mendatang akan membangun toko flagship untuk brand Moto, Adrie hanya mengatakan bahwa semua kemungkinan bisa terjadi.

Baca: Ini Dia, Harga Android Moto Z dan Moto Z Play di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.