Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Mulai Jualan "Smartphone" di Pakistan

Kompas.com - 21/02/2017, 17:14 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Xiaomi terus berekspansi. Kali ini, perusahaan teknologi asal China tersebut memutuskan untuk melebarkan sayapnya ke Pakistan.

Di Pakistan, Xiaomi memiliki rekanan lokal bernama Smart Link Technologies. Rekanan tersebut bakal bertanggung jawab untuk urusan distribusi dan layanan purna jual.

Untuk memulai debutnya, Xiaomi bakal merilis tiga seri smartphone, yakni Redmi Note 4, Redmi Note 4A, dan Mi Max.

Mengapa Xiaomi memilih Pakistan untuk ekspansi bisnis berikutnya? Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Mashable, Selasa (21/2/2017), Pakistan merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-6 di dunia.

Hal tersebut membuat Pakistan menjadi pasar yang besar dan potensial bagi Xiaomi. Tingkat penetrasi smartphone di negara itu di tahun 2016 sendiri menyentuh angka 40 juta unit.

Meski begitu, Xiaomi dihadapkan dengan berbagai tantangan di Pakistan. Sama seperti negara berkembang lainnya, warga Pakistan lebih gemar untuk berbelanja langsung di toko.

Sementara itu, Xiaomi sendiri lebih banyak berjualan secara online. Contohnya di India, Xiaomi masih bergantung kepada e-commerce Flipkart, Amazon India, dan toko online bikinannya sendiri.

Dalam dua tahun belakangan, Xiaomi memang banyak melakukan ekspansi ke negara di luar China. Sebelumnya, Xiaomi sudah memulai bisnisnya di India, Indonesia, dan Brasil.

Pasar terbesar bagi Xiaomi, menurut CEO Xiaomi, Lei Jun adalah India. Pada 2016, Xiaomi mendapatkan pendapatan sebesar 1 miliar dollar AS dari negara tersebut.

Baca: Melihat Lebih Dekat Android Rp 1,5 Juta Xiaomi Redmi 4A

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com