Deretan Inovasi Oppo di Ajang MWC dari Tahun ke Tahun

Kompas.com - 22/02/2017, 11:19 WIB
Stand Oppo di MWC 2016, Barcelona, Spanyol. OppoStand Oppo di MWC 2016, Barcelona, Spanyol.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Mobile World Congress (MWC) akan kembali digelar pada 27 Februari hingga 2 Maret 2017 di Barcelona, Spanyol. Perusahaan-perusahaan teknologi kenamaan sudah siap memamerkan inovasi teranyarnya di ajang tahunan berskala dunia tersebut.

Salah satunya adalah Oppo yang digadang-gadang hendak merilis teknologi kamera smartphone bertajuk "5x". Belum jelas seperti apa fungsi dan cara kerja teknologi itu. Yang jelas, Oppo optimis mampu memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen.

"Kami memilih MWC untuk merilis teknologi '5x' dan kami percaya dapat menginspirasi industri smartphone ke tahap yang lebih tinggi," kata President sekaligus Managing Director of International Business Oppo, Sky Li.

Jika menilik ke belakang, kiprah Oppo di ajang MWC dimulai pada 2013 lalu. Kala itu Oppo meminjam booth Qualcomm untuk memperkenalkan seri flagship Find 5. Berikut cerita lengkap dari perjalanan inovasi Oppo di MWC dari tahun ke tahun yang dirangkum KompasTekno, Senin (20/2/2017).

1. Oppo Find 5

Tahun 2013 bisa dibilang sebagai awal mula Oppo menunjukkan kompetensinya di industri smartphone global. Pabrikan tersebut menghadirkan Find 5 dengan spesifikasi premium dan desain elegan.

Find 5 mengusung layar 5 inci dengan resolusi Full HD 1080p dan kerapatan 441ppi yang terhitung tinggi beberapa tahun lalu. Selain itu, Find 5 juga menggunakan teknologi OGS yang membuat layar 20 persen lebih tipis dari smartphone lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari segi kamera, Oppo mengandalkan sensor berkualitas 13 megapiksel di bagian depan dan sensor 1,9 megapiksel untuk kebutuhan selfie.

Find 5 sudah menggunakan prosesor quad-core Snapdragon buatan Qualcomm yang berkecepatan 1,5GHz. "Jeroan" tersebut dipadankan dengan RAM 2 GB yang pada masa itu terbilang tangguh.  

Baca: Melihat Isi Kemasan Oppo F1S Edisi RAM 4 GB

Di tahun yang sama, Oppo juga menunjukkan keseriusannya berbisnis di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan resmi. Kiprah Oppo di Tanah Air pun perlahan-lahan naik.

2. Oppo N1

Pada akhir 2013, Oppo memperkenalkan ponsel inovatif bertajuk N1 di China. Kemudian, pada ajang MWC 2014, ponsel itu kembali diperkenalkan ke para penggiat teknologi dari seluruh dunia.

Oppo Oppo memperkenalkan N1 di ajang MWC 2014.

Keunikan N1 terletak pada lensa kameranya yang terdiri dari enam bagian, membuatnya menjadi ponsel Android pertama dengan fitur semacam ini. Selain itu, kamera N1 dapat diputar hingga 206 derajat.

Dengan sudut seperti itu, kameranya bisa diputar ke belakang dan ke depan sekaligus. Artinya, Oppo tidak perlu repot-repot menyediakan dua kamera.

Oppo mengklaim kamera putarnya telah diuji hingga 100,000 kali dalam pengujian daya tahan. Artinya, pemutaran kamera bisa dilakukan hingga 40 kali dalam satu hari dan akan tetap bertahan seperti baru selama 7 tahun.

Oppo juga menghadirkan tampilan sistem operasi sendiri pada N1 yang dinamakan ColorOS. Sistem operasi itu dikembangkan selama 10 bulan dan berbasis Android Jelly Bean 4.2.

Baca: Alasan Oppo Upgrade F1S dengan RAM dan Memori Lebih Besar

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.