Lika-liku iPhone 7 di Indonesia, dari Rp 25 Juta ke Rp 10 Jutaan

Kompas.com - 20/03/2017, 20:11 WIB
iPhone 7 dan 6S tampak belakang terlihat memiliki perbedaan pada garis antena. Ars TechnicaiPhone 7 dan 6S tampak belakang terlihat memiliki perbedaan pada garis antena.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Awal September 2016, Apple memperkenalkan duo smartphone iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Tak butuh waktu lama bagi kedua ponsel itu untuk masuk dan beredar di pasaran Indonesia.

Pada bulan yang sama, kios-kios ponsel di ITC Kuningan, Jakarta, sudah mulai menjajakan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Ketika itu, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang dijual bukan merupakan versi resmi dari distributor Apple di Indonesia.

Para pedagang memperoleh barang dari jalur lain yang umum dikenal dengan sebutan "BM" alias black market, entah dibawa hand carry secara perorangan dari negara tempat iPhone 7 dan iPhone 7 Plus sudah resmi beredar atau cara lain.

Banderol iPhone 7 dan iPhone 7 Plus BM ini pun terbilang fantastis. Satu unit iPhone 7 versi paling murah dengan memori internal 32 GB dihargai mulai belasan juta rupiah. Adapun harga iPhone 7 Plus 128 GB bisa menembus kisaran Rp 25 juta.

Baca: Harga iPhone 7 "BM" di Jakarta Tembus Rp 25 Juta

Apple memang terganjal aturan pemerintah soal tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) 30 persen untuk smartphone 4G yang dijual di Indonesia. Produk ponsel terakhir yang masuk ke Tanah Air secara resmi adalah duo iPhone 6 dan iPhone 6 Plus pada 2015.

Bangun pusat riset

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Titik terang kehadiran kembali iPhone secara resmi di Indonesia mulai muncul pada menjelang akhir tahun lalu.

Usai berbicara dalam pembukaan pameran Indocomtech 2016 di Jakarta, awal November, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan rencana Apple membangun tiga pusat riset dan pengembangan teknologi di Tanah Air.

Pembangunan pusat riset tersebut tak lain merupakan upaya Apple memenuhi persyaratan TKDN 30 persen lewat jalur komitmen investasi. "Tahun 2017 harus ada. Kalau tidak, mereka (Apple) tidak boleh dagang di Indonesia," ujar Rudiantara ketika itu.

Halaman:


Sumber kompas.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X