Spesialnya iPhone 8, Komponennya Mulai Dikerjakan Lebih Awal

Kompas.com - 10/05/2017, 07:01 WIB
ilustrasi iPhone 8 MacRumorsilustrasi iPhone 8
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Produsen komponen iPhone 8 dikabarkan harus bekerja lebih awal dari biasanya. Saat merakit seri iPhone sebelumnya, vendor-vendor pemasok iPhone biasanya baru mulai memproduksi komponen pada Juli.

Namun kini, papan sirkuit untuk iPhone 8 dikabarkan mulai diproduksi pada Juni mendatang, atau sebulan lebih awal. Dua manufaktur rekanan Apple yang digadang-gadang akan menanganinya adalah Kinsus Interconnect dan Xhen Ding.

Selanjutnya, TSMC yang merupakan pemasok chipset untuk lini iPhone dikatakan bakal mulai memproduksi chipset untuk Apple pada Juli nanti. Pabrikan itu disebut-sebut bakal menghasilkan chipset A11 untuk tiga lini iPhone keluaran 2017, yakni iPhone 8, iPhone 7s, dan iPhone 7s Plus.

Gadget yang spesial

Sebelumnya, analis memprediksi vendor pemasok komponen iPhone baru mulai bekerja pada Juli 2017, merujuk pada penggodokan iPhone yang sudah-sudah. Namun agaknya iPhone 8 perlu penanganan ekstra sehingga ada manufaktur yang mulai bekerja satu bulan lebih awal.

Pasalnya, iPhone 8 menandai 10 tahun kiprah Apple di industri smartphone. Banyak selentingan rumor yang menyebut iPhone 8 bakal berbeda dari pendahulunya, sehingga sangat ditunggu-tunggu oleh para fanboy.

Untuk mengantisipasi minat beli yang membludak, para manufaktur rekanan Apple pun harus bekerja lebih awal. Mereka harus memproduksi lebih banyak komponen agar stok iPhone 8 bisa memenuhi permintaan pasar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut sumber dalam, Apple telah memborong 95 juta modul layar OLED dari Samsung untuk disematkan pada iPhone 8, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Rabu (10/5/2017).

Jika benar, ini menunjukkan optimisme Apple akan iPhone 8. CEO Apple, Tim Cook, memang pernah mengindikasikan bahwa iPhone 8 bakal menjadi ponsel yang sangat dibutuhkan masyarakat dan benar-benar berbeda.

Akibatnya, berbagai media massa mengulik hal-hal lebih jauh terkait iPhone 8. Antusiasme yang terlalu tinggi, kata Cook, membuat fanboy menghiraukan iPhone 7 keluaran 2016 lalu.

Penjualan iPhone pun mengalami penurunan pada kuartal pertama 2017. Cook seakan menyalahkan media yang terlalu ramai membicarakan iPhone 8. Padahal, ada pula kabar yang mengatakan iPhone 8 belum akan dirilis tahun ini. Benar atau tidaknya bisa diketahui dalam beberapa bulan ke depan.

Baca: iPhone 8 Jauh Lebih Ngebut dari Galaxy S8?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X