Sony Stop Penjualan Android Xperia "Premium Standar", Alasannya?

Kompas.com - 29/05/2017, 16:51 WIB
Sony Xperia X Compact SonySony Xperia X Compact
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Seri smartphone Xperia X dan Xperia X Compact besutan Sony dikategorikan dalam kelas "premium standard" oleh pabrikan asal Jepang tersebut. Penjualan kedua ponsel ini kabarnya kurang menggembirakan.
 
Di Jepang, menurut informasi yang dilansir oleh The Inquirer, duo Xperia X itu hanya berhasil mencapai 85 persen dari target volume penjualan. 
 
Keadaannya di pasaran internasional lebih menyedihkan, dengan target volume penjualan yang cuma menyentuh kisaran 31 persen. Xperia X dan Xperia X Compact pun secara rata-rata hanya mencapai 43 persen targetnya secara global.
 
Keadaan demikian disnyalir membuat Sony memutuskan untuk menghentikan produksi ponsel kategori "premium standar" ini. Kategori smartphone ini memiliki spesifikasi flagship tapi dibanderol dengan harga kelas menengah.

Merambah segmen lainnya?

 
Ke depan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Inquirer, Senin (29/5/2017), Sony diduga akan kembali mengalihkan fokus ke pengembangan serta penjualan produk-produk ponsel kelas menengah dan flagship.
 
Kategori yang disebut belakangan agaknya turut mencakup Sony Xperia XZ Premium yang dikabarkan akan segera rilis. Smartphone Android itu dirancang untuk menantang ponsel-ponsel andalan dari pabrikan lain, seperti Samsung dengan Galaxy S8-nya.
 
Xperia XZ Permium memiliki fitur-fitur andalan seperti chipset Qualcomm Snapdragon 835 dan layar dengan resolusi 4K.
 
Kabar terbaru menyebutkan bahwa Sony tak hanya akan meluncurkan satu, melainkan dua ponsel flagship di ajang IFA 2017 di Berlin, Jerman, September mendatang. 
 
Di sisi lain, penjualan ponsel-ponsel kelas menengah Sony seperti Xperia XA, XA Ultra, dan E5 disinyalir masih cukup tinggi sehingga akan diteruskan melalui model-model baru tahun ini.

Baca: Bukan Smartphone, Ini 3 Fokus Sony Pada 2017

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.