China Tegaskan Tak Blokir VPN

Kompas.com - 14/07/2017, 13:30 WIB
Ilustrasi lifehacker.comIlustrasi
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Beberapa saat lalu, beredar informasi yang menyebut operator telekomunikasi China bakal memblokir akses ke virtual private network ( VPN) per 1 Februari 2018. Kabar itu dibantah secara tegas oleh pemerintah China.

Menteri Industri dan Informasi Teknologi China, Miao Wei, mengatakan tak ada rencana pemblokiran akses VPN. Secara singkat, ia mengatakan “(kabar itu) salah” ketika diminta keterangan.

Lebih lanjut, Wei memberi rujukan ke kebijakan soal VPN yang ditetapkan pada Januari 2017. Dalam kebijakan itu, layanan kabel dan VPN wajib mendapat persetujuan pemerintah sebelum melakukan kegiatan bisnis yang melintasi batas wilayah China.

Artinya, VPN tak benar-benar dihapuskan secara keseluruhan melainkan wajib mengikuti proses filterisasi dari pemerintah, sebagaimana dilaporkan TheNextWeb dan dihimpun KompasTekno, Jumat (14/7/2017).

Pasalnya, pemerintah China tak ingin layanan VPN yang tak terotorisasi digunakan untuk mengakomodir bisnis ilegal. Terlepas dari bantahan pemerintah China, beberapa layanan VPN nyatanya sudah terhapus otomatis dari toko aplikasi mobile.

Awal bulan ini, layanan GreenVPN tak bisa diakses. Pihak layanan tersebut mengatakan mendapat teguran dari pemerintah untuk memberhentikan pengoperasiannya. Beberapa layanan VPN lain dilaporkan hilang secara tiba-tiba dari toko aplikasi mobile.

Diketahui, layanan VPN adalah salah satu cara bagi pengguna internet China untuk mengakses informasi dan fungsi dunia maya secara lebih luas. Pasalnya, pemerintah China memberlakukan penyensoran yang sangat ketat.

Layanan-layanan populer global seperti Facebook dan Twitter tak bisa diakses di China tanpa VPN.

Baca: Pemerintah China Melarang Keras Pemakaian VPN

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X