Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2017, 14:01 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sejak pendiri Uber, Travis Kalanick, mengundurkan diri dari jabatan CEO pada pertengahan Juni 2017 lalu, belum ada yang mengisi posisi eksekutif nomor satu di perusahaan ride-sharing tersebut.

Beberapa nama sempat didesas-desuskan bakal jadi CEO Uber yang baru, sebut saja mantan CEO Yahoo, Marissa Mayer; mantan CFO Disney, Thomas Staggs; CEO YouTube, Susan Wojcicki; hingga mantan CEO Ford, Alan Mullaly.

Yang teranyar, CEO HP Enterprise, Meg Whitman, pun dikatakan masuk bursa calon pemimpin Uber, sebagaimana dilaporkan Recode dan dihimpun KompasTekno, Rabu (26/7/2017).

Menurut sumber dalam, Meg Whitman menjadi kandidat paling kuat di antara usulan nama-nama lainnya. Pasalnya, ada hubungan emosional khusus antara Meg Whitman dan Uber.

Meg Whitman merupakan investor awal Uber dan diam-diam kerap memberikan nasihat kepada Travis Kalanick tentang kepemimpinan dan manajemen perusahaan. Pada masa-masa krisisnya, Travis Kalanick dikatakan beberapa kali berkonsultasi dengan Meg Whitman.

Hingga kini pihak Uber maupun Meg Whitman belum mengonfirmasi kabar ini. Namun, juru bicara HP Enterprise membantah isu yang beredar.

“Meg berkomitmen penuh pada HP Enterprise dan berencana untuk tetap di perusahaan kami hingga tugasnya selesai,” begitu kata juru bicara HP Enterprise.

Diketahui, pengunduran diri Travis Kalanick menyusul kasus bertubi-tubi yang menimpa Uber dan sedikit banyak berhubungan dengan dirinya. Beberapa di antaranya menyangkut iklim seksis di Uber dan tuntutan hukum atas pencurian intellectual property dari anak usaha Google.

Secara personal, citra Travis Kalanick pun berkali-kali dihantam. Misalnya ketika video Travis Kalanick memarahi sopir Uber yang menanyakan pemotongan upah tersebar di ranah maya. Keikutsertaan Travis Kalanick pada tim penasihat Presiden AS Donald Trump juga mendapat respons negatif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Recode
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.