Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, Xiaomi Mi A1 Pakai Android One dan Punya Kamera Ganda Mirip iPhone 7

Kompas.com - 05/09/2017, 14:36 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com - Xiaomi Mi A1 akhirnya resmi diperkenalkan di depan ratusan pasang mata yang hadir di Andaz Hotel, New Delhi, India, pada Selasa (5/8/2017) pukul 12.00 waktu setempat, atau sekitar 13.30 WIB di Jakarta.

Sesuai janji Xiaomi, smartphone tersebut merupakan perangkat "flagship", mengusung kamera ganda alias "dual-camera", serta membawa seri baru atau "new series". Kamera ganda yang diusung Mi A1 memiliki konfigurasi mirip kamera ganda iPhone 7 Plus.
 
Mi A1 adalah perangkat pertama sang pabrikan China yang berjalan dengan Android One, hasil kolaborasi dengan Google. Dengan ini, antarmuka MIUI milik Xiaomi tak lagi tersemat pada lini A1, melainkan OS Android murni dari Google.
 
Naik ke atas panggung peluncuran, Director of Product Management Xiaomi Global, Donovan Sung mengatakan, Mi A1 hadir sebagai perangkat yang dibutuhkan masyarakat modern baik ditilik dari desain maupun spesifikasinya.
 
"Desain premium harus terlihat bagus dan teras bagus. Tiga hal yang ada pada Mi A1 adalah big display, dual camera, dan full metal body," kata Donovan Sung di hadapan 70 jurnalis dari 10 negara termasuk jurnalis Kompas.com Fatimah Kartini dan 130 MiFans India.
 

Xiaomi Mi A1 saat diluncurkan secara resmi di India, Selasa (5/9/2017).Fatimah Kartini Bohang/KOMPAS.com Xiaomi Mi A1 saat diluncurkan secara resmi di India, Selasa (5/9/2017).
Mi A1 memiliki desain lengkungan di sisi belakang dengan ketebalan perangkat yang disesuaikan agar terasa pas digenggam. Menurut Donovan Sung, Xiaomi A1 adalah perangkat paling "enak" dipegang dengan satu tangan sehingga bisa meningkatkan produktivitas.
 
Xiaomi Mi A1 mengusung layar FHD 5,5 inci dengan perlindungan Gorilla Glass. Variannya tersedia tiga warna, yakni gold, rose gold, dan hitam. Selain desain, apalagi yang membuat Xiaomi Mi A1 layak disebut "flagship"?
 
Tak lain dan tak bukan adalah fitur kamera gandanya alias dual-camera. Mi A1 diklaim sebagai "picture perfect dual camera" yang kemampuannya digadang-gadang menyaingi iPhone 7 Plus.
 
Xiaomi membandingkan hasil kamera (kiri-kanan) iPhone 7 Plus, OnePlus 5, Xiaomi A1.Fatimah Kartini Bohang/KOMPAS.com Xiaomi membandingkan hasil kamera (kiri-kanan) iPhone 7 Plus, OnePlus 5, Xiaomi A1.
Masing-masing lensanya memiliki sensor berkualitas 12 megapiksel. Satu untuk kemampuan wide-angle (lanskap), dan satunya lagi untuk telephoto (portrait) yang diklaim mampu menghasilkan bokeh lebih dalam karena disokong fitur stereoscopic imaging dan algoritma berbasis deep learning. Kemampuan optical zoom Mi A1 bisa sampai 2 kali, sementara digital zoom-nya bisa sampai 10 kali.
 
"Kamera ganda Xiaomi Mi A1 adalah kamera flagship yang kualitasnya sebanding dengan kamera DSLR," ujar Donovan Sung.
 
Xiaomi A1 mengadopsi chipset octa-core Snapdragon 625. Performa audionya mengandalkan 10V smart power amplifier dengan kalibrasi DHS untuk menghasilkan suara selevel speaker. Untuk port data dan pengisian daya, Xiaomi A1 sudah memakai USB-C.
 
Belum jelas berapa harga dan kapan Xiaomi A1 hadir di pasaran, utamanya di Tanah Air. Kita tunggu saja. (Baca: Ini Dia Harga Android One Xiaomi Mi A1)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com