Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/09/2017, 11:46 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Layanan cloud storage Google Drive selama ini bisa diakses lewat komputer desktop melalui aplikasi Google Drive. Namun, dalam waktu dekat, aplikasi tersebut bakal dipensiunkan oleh Google, tepatnya pada Maret 2018 mendatang.

Dukungan untuk aplikasi desktop Google Drive, baik untuk PC ataupun Mac, akan dihentikan pada 11 Desember tahun ini. Pengguna bakal memperoleh notifikasi berisi pemberitahuan soal itu mulai bulan Oktober.

Sebagai ganti aplikasi Drive, Google menyiapkan aplikasi baru bernama Backup and Sync. Aplikasi yang sekaligus menggantikan Google Photos Uploader tersebut memiliki fungsionalitas dan cara kerja yang kurang lebih serupa dengan Drive.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (8/9/2017), layanan cloud storage Google Drive sendiri akan tetap ada dan tak mengalami perubahan sehingga tetap bisa diakses seperti biasa, baik dari web, smartphone, ataupun Backup and Sync.

Baca: Foto di Peta Google Street View Bakal Lebih Bening

Aplikasi Backup and Sync ditujukan bagi pengguna umum. Untuk kalangan bisnis, Google menawarkan aplikasi Drive File Stream. Fungsi Drive File Stream mirip dengan Backup and Sync, tapi ada sejumlah perbedaan penting.

Drive File Stream, misalnya, bisa melakukan streaming file dari cloud tanpa harus menyimpan file secara lokal di komputer. Sebaliknya, Backup and Sync mesti menempatkan copy file secara lokal, baru kemudian di-backup ke layanan cloud Google Drive.

Drive File Stream juga ditampilkan sebagai mounted drive di komputer, sementara Backup and Sync menampilkan My Drive sebagai shortcut. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan dua aplikasi pengganti Google Drive ini, silakan kunjungi tautan berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.