Kompas.com - 24/10/2017, 19:23 WIB
Game Legendaris dari Nokia, Snake NokiaGame Legendaris dari Nokia, Snake
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Tren mobile gaming sebetulnya sudah muncul sejak awal tahun 2000-an. Saat itu, ponsel masih berupa layar monokromatik. Belum kompleks dan cerdas seperti saat ini.

Pada awal kemunculannya, game di ponsel masih ditetapkan oleh pabrikan. Pilihan gamenya pun masih terbatas dan sederhana. Meski begitu, keasyikan bermain game ponsel bukanlah hal yang bisa ditawar.  

Dari banyaknya daftar game, KompasTekno mengumpulkan tujuh game legendaris sekaligus berpengaruh dalam mobile gaming, menurut situs Mobile Arena. Apa saja game-game tersebut? Simak ulasan berikut:

Snake

Snake mungkin bisa disebut sebagai game paling populer sepanjang sejarah. game legendaris yang satu ini sudah dikenal sejak kemunculan ponsel Nokia 3310.

Pada dasarnya, Snake merupakan game yang diadaptasi dari game ding dong dengan nama sama, yang sempat populer pada 1976. Setelah dibuatkan versi mobile-nya, game ini semakin naik daun.

Game Snake di 3310Nokia Game Snake di 3310

Peraturan dalam game ini cukup sederhana. Pengguna cukup mengarahkan "kepala" ular ke sebuah titik tanpa menabrak tubuh ular tersebut.

Semakin banyak titik "dimakan" oleh ular, semakin panjang tubuh ular tersebut dan semakin besar pula skor yang didapatkan.

Game ini terdiri dari 10 level dengan tingkat kecepatan gerak ular yang berbeda. Semakin tinggi levelnya, semakin tinggi pula tingkat kecermatan yang dibutuhkan agar kelapa ular tak memakan tubuhnya sendiri.

Angry Birds

Angry Birds bisa diklaim sebagai mobile game yang paling legendaris sekaligus populer sepanjang masa. game ini memungkinkan pengguna untuk melempar burung yang ada ke tumpukan babi yang ada di seberangnya.

Angry Bird, Game Besutan RovioRovio Angry Bird, Game Besutan Rovio

Masing masing burung memiliki spesialisasi sendiri. Burung merah untuk mode normal, burung biru untuk menghancurkan kaca, burung kuning untuk menghancurkan kayu, burung hijau untuk terbang seperti bumerang, dan burung hitam yang bisa meledak.

Pasca diluncurkan di iOS pada 2009, game ini menjadi populer. Jumlah versinya kian bertambah saat game ini mulai merambah ke versi Android.

Pada Januari 2014, Angry Birds telah diunduh sebanyak lebih dari 3 miliar kali. Tak heran jika game ini kemudian diadaptasi lagi ke versi PC dan konsol.

Angry Birds bisa disebut sebagai game ponsel yang diadaptasi menjadi sebuah film. Pada 2016, film Angry Birds diputar di seluruh layar bioskop dengan membawa judul yang sama.

Baca: Kesatria Wanita Majapahit Bakal Muncul di Game Civilization VI

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X