Kompas.com - 30/11/2017, 20:20 WIB
Andy Rubin AP PhotoAndy Rubin
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Andy Rubin mengundurkan diri dari Google pada 2014 setelah memimpin pengembangan sistem operasi Android di perusahaan tersebut.

Di balik pengunduran dirinya tersebut rupanya ada kisah asmara antara Rubin dengan seorang bawahan wanita yang belakangan diangkat oleh situs The Informaton.

Sang wanita melaporkan keluhan soal hubungannya dengan Rubin ke bagian Sumber Daya Manusia di Google. Dia diketahui merupakan pegawai divisi Android yang dipimpin oleh Google.

Pihak Google sebenarnya tak melarang sesama pegawai untuk menjalin hubungan asmara, tapi kode etik perusahaan mewanti-wanti agar jangan sampai ada konflik kepentingan.

Apabila kemudian ada konflik, Google bisa mengubah bidang pekerjaan atau memberhentikan pegawai yang terlibat.

Tak diketahui apakah Google kemudian menjatuhkan sanksi untuk Rubin, atau seperti apa bentuk sanksinya jika diberikan. Yang jelas, Rubin kemudian memutuskan untuk hengkang.

Di dunia teknologi, Rubin adalah sosok beken yang dikenal sebagai “Bapak Android”. Dia memimpin perkembangan Android sampai kemudian diakuisisi oleh Google pada 2005.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rubin sebenarnya telah meninggalkan departemen Android pada 2013 untuk memimpin pengembangan robot di Google. Namun, penyelidikan internal mengenai hubungan asmaranya baru dilakukan pada 2014.

Investigasi Google kemudian menyimpulkan bahwa hubungan asmara Rubin ketika itu merupakan perilaku yang “tidak pantas dan menunjukkan penilaian buruk”.

Masih menghantui?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.