Nougat Akhirnya Jadi Android Terbanyak, Oreo Baru Tembus 1 Persen

Kompas.com - 07/02/2018, 17:16 WIB

KOMPAS.com - Setelah 18 bulan diresmikan, sistem operasi Android 7.0 Nougat akhirnya menjadi versi yang paling banyak digunakan saat ini. Dominasinya pelan-pelan naik signifikan dalam beberapa bulan terakhir.

Pada September 2017, Android Nougat berhasil menggeser Android 4.4 KitKat di peringkat ketiga. Januari 2018, Android Nougat mengalahkan Android 5.1 Lollipop dan menempati posisi kedua.

Kini Android Nougat berhasil merebut posisi nomor satu dari Android 6.0 Marshmallow. Sekitar 28,5 persen perangkat Android yang berseliweran di dunia memakai Android Nougat, berbanding tipis dengan 28,1 persen yang memakai Android Marshmallow.

Di sisi lain, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (7/2/2018), dari PhoneArena, Android 8.0 Oreo teranyar masih jarang ditemukan.

Data distribusi sistem operasi Android berdasarkan versi, per 5 Februari 2018.Google Data distribusi sistem operasi Android berdasarkan versi, per 5 Februari 2018.
Data dari dashboard Android Google menunjukkan bahwa, per 5 Februari 2018,  distribusi Android Oreo hanya 1,1 persen dari total populasi Android sejak pertama dirilis pertengahan tahun lalu, menjadikannya sebagai salah satu versi yang paling tak populer saat ini.

Android versi baru memang membutuhkan waktu lebih lama untuk beradaptasi ketimbang iOS versi baru. Hal ini dikarenakan sistem operasi Android digunakan lintas vendor, sementara iOS hanya untuk Apple.

Alhasil, Android memiliki isu fragmentasi yang sudah mengakar. Google mencoba menanganinya dengan merilis versi Android Oreo yang lebih membumi bertajuk “Android Go”.

Android Go menyasar ponsel-ponsel kelas low-end agar versi Android Oreo tak eksklusif untuk kelas menengah ke atas. Kendati begitu, Android Go nyatanya belum signifikan berkontribusi terhadap pangsa pasar Android Oreo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.