Urutan Postingan Instagram Bakal seperti Semula?

Kompas.com - 13/03/2018, 11:03 WIB
Ilustrasi Instagram IstIlustrasi Instagram
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Instagram agaknya akan kembali menerapkan perubahaan di layanannya, kali ini berupa urutan konten di linimasa yang ditampilkan secara kronologis, atau berdasarkan urutan waktu posting, tak lagi menggunakan algoritma khusus

“Fitur” tersebut kabarnya sedang diuji coba di segelintir pengguna Instagram melalui aplikasi versi beta. Namun, sebagian besar pengguna Instagram masih belum kebagian.

Belum diketahui kapan linimasa Instagram berdasar urutan waktu posting ini akan mulai dikembalikan lagi untuk semua pengguna, kalaupun nanti benar-benar diterapkan.

Sebelum memakai algoritma khusus seperti saat ini, Instagram dulu sebenarnya memang menyajikan konten dari teman-teman di linimasa pengguna berdasarkan urutan waktu mereka memposting foto/video.

Baca juga: Pemilik Akun Instagram Minta Follower Aktifkan Post Notification, Ada Apa?

Konten yang paling baru diunggah akan ditampilkan di urutan teratas, tak peduli dari siapa pun itu. Sebuah konten yang diunggah 7 menit lalu, misalnya, dipastikan akan dilihat lebih dulu oleh pengguna, dibandingkan konten yang diunggah 1 jam lalu.

Linimasa Instagram berubah pada pertengahan 2016 ketika jejaring sosial itu menerapkan algoritma pemilih konten, yang mirip dengan Facebook, sang pemilik Instagram.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Semenjak itu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (13/3/2018), linimasa Instagram tak lagi menyajikan konten secara kronologis, tetapi berdasarkan postingan mana yang memiliki banyak interaksi dengan teman atau pengguna.

Walhasil, pengguna Instagram pun jadi sering melihat posting lama dari temannya, sementara posting baru dari orang yang di-follow tapi jarang berinteraksi dengan pengguna, malah tenggelam dan mungkin tidak pernah terlihat.



Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.