Video Detik-Detik Mobil Tanpa Sopir Uber Tabrak Pedestrian hingga Tewas

Kompas.com - 22/03/2018, 10:09 WIB
Ilustrasi unit Uber dengan teknologi otonomos. THE GUARDIANIlustrasi unit Uber dengan teknologi otonomos.

KOMPAS.com - Kepolisian Tempe, Arizona, AS merilis video rekaman kamera dari mobil tanpa sopir Uber ( otonomos), yang menabrak seorang pedestrian atau pejalan kaki pada Minggu (18/3/2018) malam waktu setempat.

Video tersebut menggambarkan detik-detik terakhir sebelum wanita bernama Elaine Herzberg (49), tertabrak mobil otonomos Uber. Kamera juga merekam kejadian dari dalam mobil, yang tampak seorang operator di kursi kemudi.

Operator tersebut merupakan sopir darurat, yang berjaga-jaga saat mobil dalam keadaan berbahaya. Dari video tersebut, Herzberg tiba-tiba muncul dari area gelap dengan menuntun sepedanya.

Video ini senada dengan penjelasan kepolisian Tempe tempo hari, jika kecelakaan ini sulit dihindari dalam mode kemudi apapun. Apalagi, Herzberg tidak menggunakan jalur penyeberangan jalan saat menyeberang.

"Sangat jelas jika kejadian ini sangat sulit dihindari dengan mode apa pun (baik mode tanpa sopir maupun dengan sopir), dilihat dari bagaimana korban datang dari bayang-bayang tepat menuju jalan raya," ujar kepala kepolisian Tempe, Sylvia Moir.

Baca juga: Mobil Tanpa Sopir Uber Tabrak Pedestrian di Tempe hingga Tewas

Sementara operator mobil, diketahui sesekali melihat ke bawah ketika mobil melaju dengan mode tanpa sopir. Ia pun terkejut, ketika seorang wanita berpakaian hitam, muncul tiba-tiba dengan menuntun sepeda.

Bersama Dewan Keamanan Transportasi Amerika Serikat dan Adminitrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional, kepolisian Tempe masih menginvestigasi kejadian naas tersebut.
Pihak berwenang juga masih mempelajari video, mobil otonomos, lokasi kecelakaan, dan data apapun yang terekam oleh mobil otonomos, guna melengkapi penyelidikan.

Dihimpun KompasTekno dari Recode, Kamis (22/3/2018), pihak Uber pun turut bekerja sama dalam investigasi ini. Pihak kepolisian belum memutuskan siapa yang bersalah.

Sebelumnya, Sylvia Moir mengatakan, ada kemungkinan jika Uber tidak bersalah. Sebab, Elaine Herzberg menyeberang jalan sembarangan.

Namun dalam investigasi terakhir, Uber bisa jadi menghadapi tuntutan kriminal. Kepolisian akan mengumpulkan penemuannya ke pengadilan wilayah Maricopa untuk menentukan apakah tuntutan kriminal dibenarkan.

Baca juga : Lagi, Mobil Otonomos Uber Tabrakan di Jalan

Uber memutuskan untuk menghentikan sementara semua uji coba mobil otonomos di wilayah Arizona, San Francisco, Kanada, dan lainnya akibat laka lantas ini. Reaksi publik atas kejadian ini pun tak pelak akan mempengaruhi pengembangan mobil otonomos Uber.

Jika dinyatakan bersalah, Uber kemungkinan akan sulit mendapat vendor mobil baru atau bahkan yang sudah ada saat ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X