Vendor Smartphone Ini Terancam Dilarang Pakai Android

Kompas.com - 19/04/2018, 19:09 WIB
Smartphone Android ZTE Warp 7. ZTESmartphone Android ZTE Warp 7.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Awal pekan ini, otoritas Commerce Department di Amerika Serikat menjatuhkan sanksi blokir produk teknologi selama tujuh tahun untuk ZTE.

Perusahaan-perusahaan teknologi AS tidak dibolehkan melakukan transaksi apapun yang melibatkan komoditas atau software dan produk-produk teknologi dengan ZTE.

Perusahaan China itu pun terancam tak bisa lagi menggunakan Android -sistem operasi yang lisensinya dipegang oleh Google, sebuah perusahaan AS- untuk dipakai di aneka gadget mobile buatannya.

Setali tiga uang dengan perusahaan-perusahaan teknologi bekan lainnya macam Qualcomm dan Dolby yang dilarang menjual hardware atau teknologi ke ZTE.

ZTE kini dikabarkan tengah berdiskusi dengan Alphabet selaku perusahaan induk Google untuk mencari jalan keluar. Namun, kedua pihak menolak berkomentar tentang upayanya.

“Pihak kami saat ini sedang mengevaluasi implikasi dari hal tersebut terhadap perusahaan. Kami juga tengah berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait untuk memberikan respon yang sesuai,” sebut seorang juru bicara ZTE.

Sistem operasi Android sendiri sebenarnya bersiftat terbuka alias open source. Jikapun tak bisa memperoleh lisensi pemakaiannya dari Google, ZTE masih bisa menggunakan source code Android untuk membuat OS versi sendiri.

Namun, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Kamis (19/4/2018), Commerce Departement bisa saja memblokir bagian komponen penting dari ekosistem Android, misalnya toko aplikasi Google Play Store, agar tak bisa digunakan oleh ZTE.

Dicurigai

Pemerintah AS dan otoritas-otoritas telekomunikasi di Negeri Paman Sam belakangan memang menaruh curiga terhadap vendor perangkat keras asal China, seperti ZTE dan Huawei.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X