Xiaomi Belum Berhenti Rilis Ponsel Android Polos

Kompas.com - 25/04/2018, 15:59 WIB
Ponsel yang diduga Xiaomi Mi A2 muncul di halaman TENAA TechRadarPonsel yang diduga Xiaomi Mi A2 muncul di halaman TENAA

KOMPAS.com - Setelah merilis perangkat Android One pertamanya, Mi A1, Xiaomi berencana merilis lagi perangkat Android polos alias tanpa antarmuka MIUI.

Kabar itu disampaikan sendiri oleh CEO Xiaomi, Lei Jun dalam sebuah wawancara.

Ia juga menyebut lini Redmi, kemungkinan akan kebagian sistem operasi Android murni, sebagaimana KompasTekno himpun dari Giz China, Rabu (25/4/2018).

Xiaomi memang dikabarkan tengah menyiapkan penerus Mi A1, yakni Mi A2. Mi A2 disebut telah mengantongi sertifikasi dari badan regulasi telekomunikasi Tiongkok (TENAA).

Kebanyakan vendor smartphone Andoroid, memang melakukan modifikasi sistem operasi yang dipasang di perangkat mereka. Artinya, smartphone mereka tidaklah berjalan dengan Android murni.

Baca juga : Inikah Ponsel Android One Kedua Xiaomi?

Misalnya saja, Xiaomi yang memodifikasi dengan antarmuka MIUI, Huawei dengan antarmuka EMUI, atau Meizu dengan Flyme OS-nya. Android murni dan modifikasi pihak ketiga merupakan sistem operasi dan memiliki ekosistem aplikasi yang berbeda.

Di dalam Android murni, Google akan menyediakan banyak software dan layanan aplikasi bawaan, khususnya toko aplikasi Google sendiri yakni Play Store.

Sementara perangkat yang memodifikasi dengan antarmukanya, seperti MIUI milik Xiaomi, akan menampilkan antarmuka yang berbeda dari Android polos, seperti di Nexus atau Google Pixel.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber GizChina
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X