Melihat Meroketnya Pertumbuhan Xiaomi di Eropa - Kompas.com

Melihat Meroketnya Pertumbuhan Xiaomi di Eropa

Kompas.com - 13/05/2018, 16:33 WIB
Logo XiaomiKOMPAS.com/Yoga Hastyadi Logo Xiaomi

KOMPAS.com - Canalys, sebuah lembaga riset pasar yang berbasis di Inggris merilis laporan analisis kuartal pertama 2018 dari pasar smartphone di Eropa minggu ini.

Hasilnya cukup mengejutkan. Vendor ponsel asal China, Xiaomi berhasil tumbuh signifikan dengan persentase lebih dari 999 persen.

Bahkan karena analis tidak bisa memasukkannya dalam grafik, mereka harus menempatkan simbol "> +999 persen" sebagai gantinya.

Saat ini, Xiaomi sudah menempati peringkat ke-4 dalam pangsa pangsa smartphone di Eropa. Padahal, Xiaomi terbilang merupakan pemain baru di daratan Eropa.Urutan satu sampai tiga dipegang oleh Samsung, Apple dan Huawei dengan jarak yang terpaut cukup jauh dengan Xiaomi.

Hasil riset Canalys terkait pangsa pasar ponsel di Eropa. Xiaomi berhasil membukukan pertumbuhan yang paling pesat di antara vendor lainnya. Canalys Hasil riset Canalys terkait pangsa pasar ponsel di Eropa. Xiaomi berhasil membukukan pertumbuhan yang paling pesat di antara vendor lainnya.

Saat ini dari hasil riset tersebut tercatat bahwa Samsung mendominasi pasar dengan pangsa pasar sebesar 33,1 persen kemudian diikuti oleh Apple dengan pangsa 22,2 persen.

Di posisi ketiga Huawei mendulang pangsa 16,1 persen kemudian di posisi empat Xiaomi dengan pangsa 5,3 persen dan Nokia di posisi lima dengan persentase 3.5 persen.

Xiaomi memang tengah mendapatkan popularitas yang cukup besar. Di beberapa negara, Xiaomi bahkan bisa merebut tahta tertinggi dari vendor yang sudah lebih lama hadir. Misalnya di India. Xiaomi bisa menaklukkan Samsung dan menggesernya pada posisi kedua.

Baca juga: 5 Vendor Smartphone Terbesar di Indonesia

Karena itulah para analis meramalkan bahwa tidak menutup kemungkinan vendor ini bakal masuk tiga besar menggeser Samsung, Apple, atau pesaing senegaranya yakni Huawei di pasar Eropa.

Bukan tidak mungkin memang, karena jika mengacu pada data yang dirilis Canalys ini terlihat bahwa nilai perkembangan Samsung dan Apple merosot pada kuartal pertama 2018. Sedangkan Huawei dan Xiaomi meningkat tajam.

Kendati demikian, sepertinya masih terlalu prematur untuk memprediksi seperti apa masa depan Xiaomi di Eropa. Karena Eropa memang menjadi pasar di mana Xiaomi masih harus bergerak cepat untuk melakukan penetrasi.

Beberapa waktu lalu, Xiaomi pun baru memperluas wilayah pemasarannya sampai ke Prancis dan Italia. Xiaomi bakal mulai memasarkan ponselnya di Prancis pada 22 Mei mendatang dan di Italia pada 24 Mei 2018.

Baca juga: Xiaomi Kini Pabrikan Smartphone Nomor 4 Terbesar di Dunia


Komentar
Close Ads X