Pengguna Instagram Bakal Bisa Cek Berapa Lama Buka Aplikasi

Kompas.com - 17/05/2018, 11:43 WIB
Logo Instagram InstagramLogo Instagram

KOMPAS.com - Ingin tahu seberapa lama Anda menghabiskan waktu dalam membuka Instagram? Sebentar lagi Anda akan segera mengetahuinya.

Pasalnya Instagram tengah mengembangkan fitur yang dapat menunjukkan berapa lama waktu yang telah kita habiskan dengan jejaring sosial itu.

Fitur yang diberi nama Usage Insight ini kabarnya bakal segera dirilis. Menurut CEO Instagram, Kevin Systrom, fitur itu masih dalam tahap uji coba dan masih memerlukan perbaikan-perbaikan minor sebelum diluncurkan.

"Memahami bagaimana dampak waktu online pada orang-orang adalah hal yang penting dan merupakan tanggung jawab semua perusahaan untuk terbuka dengan hal ini. Kami ingin ambil bagian dalam solusi ini. Dan saya bertanggung jawab akan hal ini," ungkap Kevin lewat akun Twitternya, sebagaimana dikutip KompasTekno dari CNet, Kamis (17/5/2018).

Baca juga: Video Instagram dan Facebook Bisa Diputar Langsung di WhatsApp

"Kami tengah membuat sebuah fitur yang akan menolong pengguna Instagram untuk mengetahui, seberapa banyak waktu yang telah dihabiskan untuk aplikasi ini," lanjutnya.

Ia pun menilai lewat fitur ini, pengguna bukan hanya dapat mengetahui seberapa lama waktu yang telah dihabiskan membuka Instagram, tetapi juga diharapkan bisa lebih membatasi waktu menggunakan media sosial, dan memperbanyak interaksi dengan dunia luar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fitur baru ini muncul setelah perusahaan induk Instagram, Facebook juga telah berbicara tentang perlunya mempromosikan konten-konten berkualitas, agar orang tidak membuang waktunya dengan percuma di media sosial.

Menurut penelitian Facebook sendiri, pengguna media sosial ini memang secara pasif mengonsumsi informasi tanpa berinteraksi dengan siapa pun. Ini membuat pengguna semakin kesulitan dan membatasi diri dari bersosialisasi dengan dunia luar.

Kendati demikian belum diketahui secara jelas kapan fitur baru ini akan dirilis. Kendati begitu, tercatat jumlah pengguna Instagram sendiri terus meningkat sampai saat ini. Terhitung pada akhir tahun lalu, jumlah pengguna aktif mencapai lebih dari 100 juta.

Selain pertumbuhan jumlah pengguna, pada akhir tahun lalu Instagram juga mengatakan bahwa durasi pengguna dalam menonton video di layanannya mengalami kenaikan 80 persen secara year-over-year.

Sementara, dibanding setahun sebelumnya, jumlah video yang diunggah ke Instagram setiap harinya telah bertambah hingga empat kali lipat.



Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.