Setahun Dirilis, Facebook Stories Dipakai Berapa Orang?

Kompas.com - 20/05/2018, 07:34 WIB
Fitur Facebook Stories di deretan atas timeline Facebook. Facebook NewsroomFitur Facebook Stories di deretan atas timeline Facebook.

KOMPAS.com - Ketika dirilis pada 2011 lalu, Snapchat menjadi dambaan para netizen muda. Hal ini berkat keunikannya dalam berkomunikasi maya, yakni mengandalkan elemen visual melalui foto dan video yang bisa dibubuhkan stiker dan coretan warna-warni.

Tujuh tahun kemudian, Snap yang merupakan induk dari Snapchat, menghadapi titik terendah dan terseok-seok menghadapi Facebook beserta layanan-layanan turunannya. Padahal, mulanya Facebook yang mencaplok ide Snapchat.

Laporan teranyar menyebut pengguna aktif harian, alias daily active user (DAU) Facebook Stories saat ini menyentuh 150 juta orang. Angka itu bisa dibilang masif, mengingat Facebook Stories baru beroperasi sekitar setahun, yakni sejak Maret 2017.

DAU Snapchat memang masih lebih tinggi, yakni 191 juta. Kendati begitu, neraca pertumbuhannya bisa dibilang melambat untuk tak menyebut stagnan.

Baca juga: 3 Fitur Baru Facebook Stories, Bisa Posting Suara Saja

Pada Desember 2015, Snapchat berhasil menghimpun 110 juta DAU. Dalam kurun waktu tiga tahun, Snapchat hanya mampu menambah 190 juta DAU baru, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (20/5/2018), dari BusinessInsider.

Jika melihat tren tersebut, tak menutup kemungkinan Facebook Stories pun bakal menyalip Snapchat dalam beberapa bulan ke depan.

WhatsApp Status paling tinggi, disusul Instagram Stories

Sementara itu, DAU WhatsApp Status pun melonjak tinggi, mencapai 450 juta orang di usianya yang kurang lebih baru satu tahun. WhatsApp Stories pertama kali tersedia pada Februari 2017.

Instagram Stories tak kalah agresif dalam pertumbuhannya. Layanan tersebut diluncurkan pada Agustus 2016, dan sekarang sudah menghimpun 300 juta pengguna aktif setiap harinya.

Baca juga: Facebook Stories Mulai Dipasangi Iklan

Facebook Stories, WhatsApp Status, dan Instagram Stories, bisa dibilang mencaplok ideologi layanan yang pertama kali diperkenalkan Snapchat. Meski begitu, manajemen dan inovasi Facebook Stories agaknya berhasil membuat netizen beralih.

Apakah setelah ini Snapchat akan kembali menunjukkan dominasinya? Kita tunggu saja.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X