Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengakses Internet Tri Melonjak saat Sahur

Kompas.com - 23/05/2018, 09:28 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hutchison Tri Indonesia (Tri) mencatat seiring berjalannya bulan Ramadhan di jaringannya terjadi peningkatan akses (traffik) internet yang signifikan, khususnya saat sahur.

Chief Commercial Officer Tri, Dolly Susanto mengatakan peningkatan trafik tersebut bisa mencapai 300 persen dibandingkan hari biasa.

"Di jam sahur naik 300 persen. Sebagian besar itu disebabkan oleh pengguna mengakses konten streaming dan media sosial, seperti YouTube," jelasnya dalam peluncuran Paket Berbagi Berkah di Jakarta, Selasa (22/5/2018) malam.

Sementara itu pada saat siang hari, hingga menuju waktu berbuka puasa juga terjadi lonjakan pengakses internet. Hanya saja kenaikannya tidak sebesar saat sahur.

Baca juga: XL, Tri, dan Bolt Sediakan Paket Streaming Netflix

Dolly mengatakan bahwa kenaikan traffik internet saat siang hari hanya berkisar 15 persen ketimbang di hari biasa.

Untuk menangkap momen tersebut Tri meluncurkan sejumlah paket khusus Ramadhan, yakni Berbagi Berkah yang hanya ada sepanjang bulan Ramadhan dan kartu Perdana Get More.

Paket Berbagi Berkah sendiri merupakan kuota data yang dipadukan dengan sedekah. Pengguna mendapatkan pilihan berupa paket 1 GB seharga Rp 10.000 atau 500 MB seharga Rp 5.000, dengan catatan 10 persen dari kuota tersebut disedekahkan melalui Dompet Dhuafa, Rumah Zakat dan Zakat Sukses.

Selain itu ada juga paket kuota khusus bernama Sahur Berkah dan Buka Puasa Berkah. Pada paket Sahur Berkah, pengguna bisa membeli kuota internet tambahan 3 GB untuk 3 hari seharga Rp 10.000 dan 5 GB untuk 7 hari seharga Rp 15.00.

Sedangkan paket Buka Puasa Berkah menawarkan kuota internet tambahan 3 GB untuk 3 hari seharga Rp 15.000 dan 5 GB untuk 7 hari seharga Rp 25.000.

Adapun paket kartu perdana Get More dirilis dengan fitur berupa kemudahan akses streaming video YouTube dan Netflix. Dalam kartu perdana ini terdapat pilihan kuota isi ulang hingga 15 GB, yang terdiri dari 10 GB paket internet reguler dan 5 GB khusus untuk streaming video kedua layanan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com