Kompas.com - 09/07/2018, 11:52 WIB

KOMPAS.com - Pengguna Android nantinya bisa mematikan getaran (vibrate) dan dering masuk (ring in). Fitur tersebut ditemukan hadir dalam fitur terbaru sistem operasi Android P versi Developer Preview 4.

Selama ini, ponsel Android akan bergetar ketika menerima notifikasi, apabila ponsel berada di luar mode silent . Jika disetel berdering, vibrasinya akan tetap muncul bersama dengan ringtone.

Beberapa aplikasi memiliki penyetelan untuk mematikan vibrasi tersebut. Tetapi banyak pula aplikasi yang tak bisa disetel, melainkan mengikuti pengaturan dari sistem operasinya.

Ada juga beberapa pabrikan yang telah memungkinkan mode mematikan vibrasi sama sekali. Tapi lagi-lagi tak semua ponsel menyediakan pengaturan serupa.

Dengan kehadiran fitur mematikan vibrasi dan dering pada Android P, maka semua ponsel Android bisa terbebas dari getaran yang tak menyenangkan ketika menerima notifikasi.

Baca juga: Daftar Smartphone yang Pertama Kebagian Android P, Bukan Cuma Pixel

Opsi mematikan getaran ponsel di menu setting Adnroid P Developer Preview 4.Mobilesyrup Opsi mematikan getaran ponsel di menu setting Adnroid P Developer Preview 4.


Berubah dari sebelumnya

Pada versi sebelumya, Android P Developer Preview 3, Google menambahkan opsi pada menusetting yang memungkinkan pengguna mengatur kekuatan vibrasi ketika menerima notifikasi.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Police, Senin (9/7/2018), di Android P Developer Preview 3 ada empat penyetelan getaran notifikasi, yakni tinggi (high), menengah (medium), rendah (low), dan mati sama sekali (off). Selain itu, ada pula penyetelan serupa untuk sentuhan (touch vibration).

Pada versi teranyar Developer Preview 4, seperti disebutkan di atas, Android P tak lagi memberikan opsi untuk mengatur kekuatan vibrasi. Pengguna hanya bisa memilih on (nyala) atau off (mati).

Google belum juga meluncurkan Android P dalam bentuk final. Karenanya, fitur-fitur yang saat ini masih dalam bentuk preview belum tentu akan sama atau benar-benar diterapkan di versi final nanti. Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.