Mengapa Ponsel Layar Tekuk Samsung Tidak Pakai Gorilla Glass?

Kompas.com - 22/09/2018, 14:20 WIB
Konsep ponsel lipat besutan Samsung. BGRKonsep ponsel lipat besutan Samsung.

KOMPAS.com - Bisa dibilang, ponsel layar tekuk Samsung menjadi yang paling ramai dirumorkan beberapa beberapa tahun belakangan.

Samsung masih mengejar ambisi untuk menjadi vendor pertama yang meluncurkan inovasi tersebut.

Kabarnya, detil informasi soal smartphone yang akan mengusung lini Galaxy F itu, bakal diumumkan di ajang Samsung Developer Conference, 28 November mendatang.

Namun seperti biasa, beberapa bocoran lebih dulu meramaikan ranah maya sebelum peresmian. Paling baru, ponsel layar lipat Samsung disebut tidak akan dilindungi Gorilla Glass, yang umum melindungi layar smartphone dari goresan atau benturan dengan benda tumpul.

Absennya Gorilla Glass dikarenakan beberapa alasan, termasuk keterbatasan teknologi.

Dirangkum KompasTekno dari Gizmo China, Sabtu (22/9/2018), alasan tidak dipakainya Gorilla Glass karena sifatnya yang kaku, tidak mendukung fleksibilitas dari si ponsel lipat.

Namun bukan berarti tanpa perlindungan, Samsung kabarnya akan tetap melapisi layar dengan pelindung layar khusus buatan perusahaan Jepang, Sumimoto Chemical.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Komponen yang dimaksud adalah poliamida transparan, yang disebut tidak terlalu kuat dibanding Gorilla Glass, namun memiliki kelenturan lebih baik.

Dengan demikian, Corning akan melewatkan kesempatan untuk ikut mencetak sejarah ponsel lipat pertama dunia bersama Samsung.

Baca juga: Ponsel Layar Tekuk Samsung Diumumkan Tahun Ini

Meski begitu, Corning dikabarkan mulai mengembangkan pelindung untuk memenuhi kebutuhan produksi layar tekuk, yang diramalkan akan ditelurkan beberapa vendor, seperti Oppo, LG, dan Huawei.

Belum ada penjelasan resmi dari Samsung mengenai hal ini. Namun gosipnya, ponsel lipat Samsung atau Galaxy F, akan diluncurkan tahun depan. Sebab beberapa vendor juga mendeklarasikam tengah menyiapkan produk yang sama.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X