Kompas.com - 02/10/2018, 13:32 WIB
Google Maps diperbarui, bisa tunjukkan informasi gangguan komuter. GoogleGoogle Maps diperbarui, bisa tunjukkan informasi gangguan komuter.

KOMPAS.com - Layanan peta digital Google Maps, meluncurkan pembaruan yang lebih fokus membantu para pengguna komuter. Melalui tab khusus, pengguna bukan cuma bisa melihat opsi komuter yang tersedia dan jadwal keberangkatannya.

Lebih dari itu, pengguna juga diberikan informasi jika ada gangguan spesifik di tiap jalur komuter. Penundaan keberangkatan pun diberi tahu, lengkap dengan estimasi waktunya.

Pembaruan ini pun memungkinkan pengguna memantau kereta atau bus yang hendak ditumpangi sudah sampai di mana. Google Maps memperlihatkan posisi dan pergerakan komuter secara real-time.

Akan tetapi, antarmuka seperti ini mula-mula hanya tersedia di 80 wilayah di seluruh dunia. Di Sydney, Google Maps bahkan memberi tahu berapa kapasitas yang memenuhi satu bus atau kereta yang hendak dinaiki.

Fitur ini masih eksklusif di satu wilayah dan dijanjikan bakal disebarkan dalam waktu dekat, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (2/10/2018), dari TheVerge.

Baca juga: Google Maps Tampilkan Bumi Bulat, Tak Datar Lagi

Belum diketahui kapan pembaruan ini disebar bagi pengguna Google Maps di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Musik yang terintegrasi

Saat menempuh perjalanan dengan komuter, sering kali penumpang mati gaya dan bosan. Apalagi jika perjalanan dilakukan sendiri, tiada yang menemani.

Hal yang paling sering dilakukan dalam kondisi ini adalah mendengarkan lagu di smartphone, sembari mengecek media sosial atau membaca buku.

Jika Anda ingin aplikasi Google Maps terus terbuka untuk memantau perjalanan, kadang harus keluar dan masuk kembali ketika ingin memutar musik. Kini tak perlu khawatir karena Google Maps memungkinkan integrasi ke layanan hiburan.

Pengguna bisa playback via Google Maps untuk lagu-lagu di layanan musik semacam Spotify, Apple Music, dan Google Play Music. Ada sedikit perbedaan integrasi di aplikasi Android dan iOS.

Jika memakai Android, level integrasi dengan Spotify dkk lebih mendalam, di mana pengguna bisa mencari lagu -bukan cuma playback- via Google Maps.

Terlepas dari itu, pembaruan aplikasi Google Maps secara keseluruhan tersedia untuk pengguna iOS dan Android mulai pekan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.