Instagram Diam-diam Uji Pelacakan Lokasi Pengguna untuk Iklan

Kompas.com - 07/10/2018, 12:54 WIB
Logo Instagram InstagramLogo Instagram

KOMPAS.com - Instagram diam-diam sedang menguji coba pengaturan privasi. Pengaturan tersebut memungkinkan Facebook melacak riwayat lokasi (Location History) pengguna melalui Instagram.

Dengan begitu, riwayat lokasi dari koordinat GPS pengguna yang dihimpun Instagram akan bisa dilacak Facebook untuk menargetkan iklan, meski pengguna tidak sedang menggunakan aplikasi.

Dalih klasik untuk melacak lokasi pengguna adalah menawarkan iklan yang lebih relevan bagi konsumennya.

"Location History membantu Anda mengeksplorasi apa yang ada di sekitar Anda, mendapat iklan yang lebih relevan, dan membantu meningkatkan (pengalaman) Facebook," begitu deskripsi Instagram soal fitur yang diketahui masih dalam uji coba ini.

Geo-tag atau proses menambahkan metadata geografis akan muncul di Log Aktivitas Profil pengguna, yang akan menampilkan peta lokasinya. Lebih tepatnya, opsi ini berada di menu Privacy and Security di Facebook.

Geo-tag akan muncul di Log Aktivitas Profil pengguna, yang akan menampilkan peta lokasi.Tech Crunch Geo-tag akan muncul di Log Aktivitas Profil pengguna, yang akan menampilkan peta lokasi.
Dari penemuan TechCrunch yang dirangkum KompasTekno, Minggu (7/10/2018), pengaktifan Location History akan mengijinkan produk Facebook, termasuk Instagram serta Messenger, untuk menggunakan informasi lokasi melalui Location Service di perangkat pengguna.

"Ketika Location History aktif, Facebook secara periodik akan menambah lokasi Anda yang tepat saat ini ke Location History, bahkan jika Anda meninggalkan aplikasi," jelas Facebook dalam deskripsinya.

Fitur pelacakan lokasi berikut deskripsinya di atas disinyalir hanya muncul di akun Facebook dan Instagram milik segelintir pengguna yang dijadikan sasaran uji coba.

Baca juga: Menkominfo Minta Penjelasan Facebook soal Peretasan 50 Juta Akun

Agaknya, pengaturan ini bersifat opsional. Pengguna bisa menon-aktifkannya dan Facebook akan berhenti menambah informasi location history yang bisa dilihat di menu pengaturan lokasi.

Kendati demikian, Facebook masih tetap berpeluang menerima lokasi dari postingan konten yang ditandai dengan lokasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber BGR
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X