Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Android, Pengguna Chrome Desktop Bisa Nonton Sambil "Browsing"

Kompas.com - 23/10/2018, 20:10 WIB

KOMPAS.com - Google mempopulerkan fitur Picture-in-Picture (PiP) melalui sistem operasi mobile Android Oreo pada 2017 lalu. Fitur tersebut paling sering digunakan untuk menonton video di YouTube sembari mengerjakan hal lainnya di ponsel.

Beberapa aplikasi kemudian memanfaatkan fitur tersebut, misalnya WhatsApp yang kini memungkinkan pengguna saling bertukar pesan sembari memutar video YouTube tanpa beralih aplikasi.

Nah, konsep serupa akhirnya dibawa ke desktop melalui peramban Chrome 70. Para pengembang (developer) bisa menginisasi dan mengontrol fitur PiP untuk elemen video di situs mereka.

Dengan begitu, pengunjung situs bisa membuka laman, masuk ke sebuah tab dan memutar video di dalamnya, sembari membuka tab lain untuk mengumpulkan lebih banyak informasi sambil tetap menonton video.

PiP di Chrome 70 kompatibel untuk segala sistem operasi desktop, mulai dari MacOS, Windows, hingga Linux, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (23/10/2018), dari ZD Net.

Baca juga: Ulang Tahun, Google Chrome Dapat Penyegaran Tampilan

Untuk menggunakannya, pengguna cukup menekan di sisi kanan pada frame video, lantas pilih “Picture-in-Picture” dari context menu yang muncul. Video itu kemudian akan muncul terpisah di sebuah jendela kecil yang ukurannya bisa diatur sesuka hati.

Jendela kecil video akan terus ada walaupun pengguna berpindah ke tab lain, misalnya untuk browsing. Pengguna bisa melakukan "pause" dan "resume" video dengan meng-klik tombol di tengah jendela. Untuk menutupnya, tekan simbol "x" di pojok kanan atas.

Fitur PiP sebenarnya sudah mulai diterapkan di Chrome desktop pada Mei lalu. Namun, ketika itu kemampuan PiP masih disembunyikan dan hanya bisa dipanggil dengan mamasang extension tertentu di Chrome.

Baru belakangan ini saja Chrome mengaktifkan PiP pada versi 70 sehingga bisa diaktifkan dengan mudah oleh pengguna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber ZDNet
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.