29 November 1972, Atari Merilis Permainan Legendaris "Pong"

Kompas.com - 29/11/2018, 12:02 WIB
Permainan Pong untuk mesin permainan arcade yang dirilis Atari via ABC.net.auPermainan Pong untuk mesin permainan arcade yang dirilis Atari

KOMPAS.com - Ketika seseorang mulai jenuh dengan pekerjaan, maka rehat sejenak dan melakukan aktivitas lain merupakan solusinya. Aktivitas lain itu bisa dilakukan dengan berbagai hal, terutama bermain video game.

Permainan ini bisa dilakukan  melalui berbagai perangkat, baik PC, laptop, atau konsol seperti PlayStastion, XBox, maupun Nintendo Switch.

Perkembangan industri game begitu signifikan. Pabrikan-pabrikan terus berinovasi untuk merilis game terbaru. Bahkan, kini video game sudah bisa dimainkan di perangkat genggam seperti smartphone, sehingga lebih memudahkan gamers.

Pada era 1970-an, game masih belum semodern saat ini. Kondisi itu dibuktikan dengan hadirnya beberapa game dengan wujud sederhana. Permainan pun dilakukan di perangkat yang terbilang besar.

Hari ini 42 tahun yang lalu, tepatnya pada 29 November 1972, salah satu industri game asal Amerika Serikat bernama Atari meluncurkan video game bernama "Pong".

Permainan ini serupa olahraga tenis meja yang menampilkan grafik dua dimensi yang sederhana. Awalnya, game ini dimainkan untuk platform arcade.

Pong dengan cepat meraih popularitas dan menjadi video game pertama yang sukses secara komersial. Banyak orang yang mulai tertarik dengan game ini. Pong kemudian semakin berkembang dalam bentuk game di konsol yang bisa dimainkan di rumah.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Nintendo Merilis "Super Mario Bros"

Konsep awal

Ralph Baer, Bapak Video Game Dunia Ralph Baer, Bapak Video Game Dunia
Dilansir dari Britannica, Seorang insinyur televisi Amerika Serikat kelahiran Jerman, Ralph Baer, meletakkan dasar permainan untuk video game pada 1958. Ia punya konsep pembuatan video game sederhana yang dapat dimainkan orang-orang di televisi rumah mereka.

Ketika konsep sudah ditemukan, salah satu perusahaan bernama Atari mulai membuat konsep lain. Perusahaan ini menciptakan Pong sebagai game untuk arcade atau mesin permainan yang dioperasikan dengan koin.

Atari mulai membuat game di arena ice skating. Pada 1972, perusahaan itu telah menjual lebih dari 8.000 mesin arcade untuk Pong.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.