Smartfren Tertarik Ambil Blok Eks Jasnita di Frekuensi 2.300 MHz

Kompas.com - 30/11/2018, 18:09 WIB
ilustrasi Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comilustrasi
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf


JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler Smartfren menyatakan tertarik mencaplok blok frekuensi 2.300 MHz eks PT Jasnita Telekomindo yang dikembalikan ke pemerintah beberapa waktu lalu. 

Hal tersebut diutarakan oleh Roberto Saputra selaku Brand Officer Smartfren dalam sebuah konferensi pers di bilangan Semanggi, Jakarta, Kamis (29/11/2018) kemarin. 

"Ada minat untuk menambah infrasturuktur (dengan mengambil blok eks Jasnita), apalagi sama-sama beroperasi di 2,300 Mhz." katanya.

Smartfren saat ini menggelar layanan seluler 4G LTE di frekuensi 850 MHz dan 2.300 MHz. Di spektrum  2.300 MHz, Smartfren sudah memiliki alokasi lebar pita 30 MHz, ditambah 10 MHz di 850 MHz.

Baca juga: Cabut Gugatan, First Media Ajukan Proposal Bayar Tunggakan Bolt

Sebelumnya, bersama dengan PT First Media Tbk. (KBLV) dan PT Internux, PT Jasnita Telekomindo terbelit masalah tunggakan utang Biaya Hak Penggunaan (BHP) frekuensi 2.300 MHz.

PT First Media Tbk. (KBLV) dan PT Internux coba menawarkan proposal perdamaian dengan janji melunasi tunggakan pada 2020 agar tetap dapat menggunakan bloknya di frekuensi 2.300 MHz.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, PT Jasnita Telekomindo telah memutuskan untuk melepas frekuensi 2.300 MHz sehingga dikembalikan ke pemerintah. Dengan demikian, blok eks PT Jasnita Telekomindo di 2.300 MHz lowong dan bisa diakuisisi oleh operator lain lewat proses lelang.

"Kami tak bisa bilang pasti, tapi kami bilang interest (tertarik)," jawab Robert saat ditanya ketertarikan sang perusahaan terkait keikutsertaan dalam lelang frekuensi nanti.

Baca juga: Pelanggan Bolt Mengeluh Tak Bisa Top Up, Ini Penjelasan First Media

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.