Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Lipat Bisa Ditekuk ke Dalam dan ke Luar?

Kompas.com - 01/01/2019, 10:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ponsel lipat agaknya bakal menjadi tren baru di industri smartphone. Banyak pabrikan ponsel sesumbar akan menelurkannya tahun depan.

Kalaupun belum mengumumkan rencana rilis ponsel lipat, pabrikan ponsel setidaknya diketahui telah mengembangkan konsep perangkat demikian. Misalnya saja Apple, sang pembuat iPhone yang baru-baru ini kembali mendaftarkan paten untuk ponsel lipatnya.

Dari patennya yang dipublikasikan oleh Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO), vendor asal Cupertino, AS ini berencana membuat ponsel lipat yang bisa ditekuk ke dua arah.

Maksudnya, berbeda dari ponsel lipat pabrikan lain yang biasanya hanya bisa ditekuk ke luar atau dalam, perangkat "iPhone" dalam paten Apple ini dapat ditekuk ke kedua arah tersebut.

Contohnya, November lalu, dalam acara Samsung Developer Conference, purwarupa ponsel lipat Samsung yang dipamerkan hanya bisa ditekuk satu arah, yakni ke dalam.

Baca juga: Apple Patenkan Konsep iPhone Lipat

Kemungkinan, Samsung belum menemukan cara untuk membuat layar yang bisa merenggang dan tetap kokoh saat ditekuk ke luar.

Agar bisa dilipat ke luar dan kedalam, dokumen paten menjelaskan bahwa Apple menggunakan sebuah teknik pelapisan yang mengkombinasikan polimer dan serpihan-serpihan pigmen.

Elemen tersebut diaplikasikan ke panel OLED dengan teknik semprot, dicelupkan atau mungkin dicetak, untuk membuat lapisan luar layar lebih proaktif sehingga bisa ditekuk tanpa merusaknya.

Bocoran skema iPhone lipatPhone Arena Bocoran skema iPhone lipat

Seperti dilihat dalam gambar di atas, gambar nomor 4 menunjukkan "iPhone" yang ditekuk ke dalam, di mana layar dan layar akan saling berhadapan di dalam.

Sementara, dalam gambar lain, ilustrasi menggambarkan iPhone ditekuk ke luar, di mana punggung perangkat saling bertemu, sehingga layar akan berada di luar.

Baca juga: Bukan dari Samsung atau Huawei, Inilah Ponsel Lipat Pertama di Dunia

Paten ini sebenarnya telah didaftarkan Apple pada bulan Maret 2018 lalu, namun baru dipublikasikan pada 27 Desember oleh USPTO

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Selasa (1/1/2019), meski sudah dipatenkan, namun belum tentu skema ini akan benar-benar terwujud nantinya. Terlebih, sebelumnya juga beredar konsep iPhone layar lipat dengan skema berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com