Apple Bakal Bikin "Headphone" Kelas Premium?

Kompas.com - 29/01/2019, 10:28 WIB
Logo Apple di salah satu sisi gedung toko barunya di kota San Francisco, AS Wicaksono Surya Hidayat/ KOMPAS.comLogo Apple di salah satu sisi gedung toko barunya di kota San Francisco, AS
|

KOMPAS.com - Raksasa teknologi asal Cupertino Amerika Serikat, Apple, dilaporkan akan meluncurkan sebuah produk baru pada pertengahan tahun 2019 ini. Bukan sebuah smartphone, melainkan aksesori audio berupa headphone jenis over-ear.

Kabar tersebut muncul dalam sebuah laporan yang dipublikasikan oleh Bloomberg. Dalam laporan itu, seorang sumber terdekat mengatakan bahwa headphone over-ear tersebut dijadwalkan akan dirilis pada paruh kedua tahun ini.

Headphone over-ear sendiri memiliki bentuk yang serupa dengan headphone pada umumnya. Namun headphone jenis ini memiliki lapisan penutup yang membungkus semua daun telinga sehingga telinga tertutup sempurna dan rapat oleh bantalan headphone.

Meski demikian laporan yang dipublikasikan Bloomberg tidak menyebutkan secara rinci spesifikasi headphone over-ear yang tengah digarap.

Namun kuat dugaan bahwa headphone ini akan menggunakan chip W1, serupa dengan teknologi yang disematkan pada AirPods.

Chip ini memungkinkan AirPods dapat terhubung langsung ke perangkat Apple lainnya, chip ini pun memiliki teknologi peredam bising yang mampu meminimalisasi gangguan suara saat digunakan.

Rumor keberadaan headphone over-ear milik Apple ini sejatinya sudah muncul sejak Februari 2018 lalu. Ketika itu analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo memberi sebuah catatan pada para investor bahwa Apple tengah menggarap sebuah headphone high-end untuk menambah jajaran aksesori audio.

Tetapi, headphone yang pada awalnya direncanakan untuk diluncurkan tahun lalu itu tertunda karena masalah pengembangan.

Baca juga: Earphone iPhone Ternyata Bisa untuk Menguping Percakapan
 
Apple sendiri sejatinya sudah memiliki sumber daya yang mumpuni untuk membuat produk headphone kelas atas. Pasalnya pada 2014 silam Apple telah mengakuisisi perusahaan pembuat headphone kenamaan, Beats dengan nilai kesepakatan sekitar 3 miliar dollar AS.

Alih-alih menggunakan brand Beats, Apple ditengarai akan menggunakan brand mereka sendiri untuk menamai headphone over-ear yang akan diperkenalan pada pertengahan 2019 tersebut.

Saat ini, jumlah aksesoris audio milik Apple memang masih terbatas. Pada halaman Apple.com, tercatat hanya ada dua aksesoris audio yakni AirPods dan HomePod. Selebihnya, aksesoris tersebut masih didominasi oleh merek Beats. Apple sendiri belum memberi komentar terkait kabar ini. 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X