Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi AirDots, Earphone Nirkabel Murah Meriah Pesaing Apple AirPods

Kompas.com - 09/11/2018, 15:16 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Mengikuti tren wireless earphone yang dipicu  Apple AirPods, Xiaomi, pabrikan ponsel China, ikut merilis produk earphone nirkabelnya dengan harga yang lebih terjangkau.

Produk earphone Xiaomi itu disebut AirDots. Dari namanya, terlihat Xiaomi seakan mengikuti earphone bikinan Apple.

Bahkan, warnanya (putih) dan penamaan produk (penggunaan kata "Air" dan huruf kapital tengah "D") pun terlihat mirip dengan produk bikinan perusahaan asal Cupertino tersebut.

Fitur yang dimiliki rupanya juga mirip dengan AirPods. AirDots memiliki kontrol sentuh fisik dan fitur pengisian melalui case yang ringkas serta dukungan konektivitas Bluetooth 5.0.

Karena merupakan model in-ear, AirDots ini memiliki ujung silikon yang berfungsi untuk mengisolasi suara di dalam telinga.

AirDots diklaim memiliki ketahanan baterai hingga 4 jam untuk playback stereo. Angka itu bisa diperpanjang hingga 12 jam dengan melakukan pengisian baterai di aksesori charging case.

Baca juga: Earphone dengan Google Asisstant Bisa Menerjemahkan Lawan Bicara

Dengan fitur yang mirip AirPods itu, earphone wireless bikinan Xiaomi dibanderol dengan harga 30 dollar AS atau sekitar Rp 437 ribuan, jauh lebih murah dibandingkan dengan AirPods buatan Apple yang dipatok di harga 160 dollar AS atau sekitar Rp 2,3 jutaan.

Dengan harga demikian, earphone pabrikan China itu boleh jadi akan diminati oleh pengguna yang ingin menggunakan dan mencoba earphone mirip AirPods tanpa membeli versi mahalnya.

Namun, seperti dikutip KompasTekno dari The Verge, Jumat (9/11/2018), sang earphone nirkabel bikinan Xiaomi ini mungkin diragukan performa serta kualitas suaranya, menimbang harganya yang relati murah.

Banderolnya juga lebih murah dibanding sejumlah produk sejenis bikinan perusahaan lain di luar Apple.

Earphone wireless besutan Oppo, O-Free, misalnya, dijual 100 dollar AS atau sekitar Rp 1,4 jutaan, tapi memiliki kualitas suara yang hampir sama dengan AirPods meski tidak sama persis.

Xiaomi AirDots sejauh ini baru tersedia untuk pemesanan di wilayah China. Belum diketahui kapan earphone wireless tersebut akan dipasarkan di negara lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com