Kamera Lubang Ponsel Oppo Bakal Menyamar Jadi Icon Aplikasi - Kompas.com

Kamera Lubang Ponsel Oppo Bakal Menyamar Jadi Icon Aplikasi

Kompas.com - 30/01/2019, 10:36 WIB
Oppo R17 Pro memiliki tiga kamera belakang. Masing-masing kamera memiliki konfigurasi 20 megapiksel dengan penstabil gambar (OIS), 12 megapiksel di kamera sekunder, dan lensa 3D Stereo Camera yang digunakan untuk memberikan efek realitas ganda atau augmented reality (AR).
Yudha Pratomo/KompasTekno Oppo R17 Pro memiliki tiga kamera belakang. Masing-masing kamera memiliki konfigurasi 20 megapiksel dengan penstabil gambar (OIS), 12 megapiksel di kamera sekunder, dan lensa 3D Stereo Camera yang digunakan untuk memberikan efek realitas ganda atau augmented reality (AR).

KOMPAS.com - Kamera lubang alias punch-hole camera belakangan mulai menjadi tren di sejumlah smartphone keluaran terbaru. Tak mau ketinggalan, Oppo pun ditengarai ikut-ikutan mengadopsi teknologi ini.

Hal ini terendus dari sebuah paten yang diajukan Oppo pada Organisasi Hak Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO). Dalam pengajuan paten tersebut, Oppo mencantumkan sebuah desain ponsel dengan kamera lubang pada bagian depan.

Pengajuan paten itu diberi judul sebagai "ponsel dengan antarmuka ikon aplikasi". Uniknya menurut salah satu keterangan yang tercantum dalam paten, kamera lubang itu akan ditutupi oleh sebuah ikon aplikasi kamera.

Nantinya, ikon tersebut dapat disentuh dan digeser guna mengaktifkan kamera depan. Namun belum diketahui lebih lanjut seperti apa mekanismenya.

Oppo mengajukan paten untuk desain kamera lubang. Phone Arena Oppo mengajukan paten untuk desain kamera lubang.

Dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (30/1/2019), keterangan dalam pengajuan paten itu juga menyebutkan akan ada sederet ikon aplikasi yang diletakkan pada bagian atas layar.

Deretan ikon tersebut termasuk aplikasi kamera yang akan menyamarkan keberadaan kamera lubang.

Ponsel pertama Oppo dengan kamera lubang diprediksi akan diperkenalkan pada gelaran Mobile World Congress (MWC) 2019 yang akan digelar akhir Februari mendatang. Ponsel tersebut diduga adalah Oppo F19 dan Oppo F19 Pro.

Baca juga: Oppo Pamer Kamera Ponsel Periskop dengan Zoom Optik 10x

Kedua ponsel tersebut juga diduga akan memiliki fitur 10x optical zoom dan pemindai sidik jari yang disematkan di dalam layar. Kendati demikian belum ada keterangan resmi dari Oppo terkait hal ini.

Desain kamera lubang sendiri pertama kali diadopsi oleh Samsung yang menerapkannya pada ponsel Galaxy A8s. Samsung memberi nama teknologi ini sebagai Infinity O Display. (Baca juga: Samsung Resmikan Ponsel Layar Bolong Galaxy A8s)



Close Ads X