Melihat Hasil Jepretan Kamera Samsung Galaxy M20

Kompas.com - 12/02/2019, 20:11 WIB
Galaxy M20, tampak depan dengan layar Infinity-V.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Galaxy M20, tampak depan dengan layar Infinity-V.

JAKARTA, KOMPAS.com - Galaxy M20 adalah andalan baru Samsung untuk pasaran ponsel papan tengah di Indonesia yang baru saja diresmikan kehadirannya awal pekan ini.

Berbanderol Rp 2,8 juta, Galaxy M20 dibekali kamera ganda di punggung. Salah satu kamera memilki resolusi 13 megapiksel dengan lensa f/1.9, lainnya 5 megapiksel dengan lensa ultra wide angle selebar 120 derajat dan bukaan f/2.2.

Ada juga kamera selfie 8 megapiksel di poni mungil di bagian depan layar Galaxy M20 yang berukuran 6,3 inci (2.340 x 1.080 piksel, aspect ratio 19,5:9) dengan sebutan "Infinity-V".

Dalam acara unboxing Galaxy M20 yang berlangsung di GoWork co-working space, Jakarta, Samsung turut membawa rombongan wartawan mengunjungi lokasi wisata fotogenik Haluu World yang terletak bersebelahan.

KompasTekno memanfaatkan kesempatan ini untuk menjajal kemampuan tiga kamera milik Galaxy M20 yang ternyata tidak mengecewakan.

Baca juga: Kenapa Harga Samsung Galaxy M20 di Indonesia Lebih Mahal dari di India?

Close-up lain dengan kamera ultra-wide Galaxy M20, dengan perspektif menarik.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Close-up lain dengan kamera ultra-wide Galaxy M20, dengan perspektif menarik.

Kamera utama dengan resolusi 13 megapiksel mampu menangkap foto-foto dengan terang dan cemerlang meski keseluruhan area berada di dalam ruangan, dengan cahaya artifisial berupa lampu.

Di beberapa tempat pencahayaan yang ada bisa ekstrim. Sebuah ruangan, misalnya, penuh berisi lampu-lampu neon berwarna ungu. Meski demikian, kamera Galaxy M20 tetap mampu mengabadikan warna-warna dengan apik.

Kamera sekunder di punggung Galaxy M20 memiliki lensa ultra-wide dengan cakupan bidang pandang 120 derajat yang berguna untuk menangkap obyek berukuran lebar, atau memotret close-up dari jarak dekat.

Perspektif yang dihasilkan terbilang menarik karena terlihat lebih lebar dari jepretan smartphone pada umumnya.

Foto selfie dengan Galaxy M20. Apabila cahaya masih cukup, kamera depan Galaxy M20 (8 megapiksel) masih bisa diandalkan untuk menjepret selfie. Namun, jika agak gelap, maka hasilnya lekas buram karena efek noise reduction.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Foto selfie dengan Galaxy M20. Apabila cahaya masih cukup, kamera depan Galaxy M20 (8 megapiksel) masih bisa diandalkan untuk menjepret selfie. Namun, jika agak gelap, maka hasilnya lekas buram karena efek noise reduction.

Sayangnya, kamera sekunder beresolusi 5 megapiksel ini memiliki lensa dengan distorsi (barrel distortion) yang cukup terasa sehingga garis-garis lurus berubah melengkung.

Baca juga: Resmi, Ini Harga Samsung Galaxy M20 di Indonesia

Perbedaan resolusinya dengan kamera utama (13 megapiksel) pun bisa terlihat dari hasil akhir yang kadang tampak agak kurang detil.

Kamera depan Galaxy M20 masih bisa diandalkan di dalam ruangan, dengan catatan terdapat cahaya yang mencukupi. Meski demikian, jangan terlalu berharap karena hasil jepretannya lekas buram dan tampak seperti lukisan cat air karena noise reduction dalam kondisi low-light.

Hasil jepretan Galaxy M20 selengkapnya bisa dilihat dalam rangkaian foto di tautan berikut.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X