USB 4 Bakal Dua Kali Lebih Kencang dari USB 3.2

Kompas.com - 05/03/2019, 09:37 WIB
Ilustrasi kabel dan port USB type-C di laptop. Wikimedia CommonsIlustrasi kabel dan port USB type-C di laptop.

KOMPAS.com - Baru bebeberapa waktu lalu muncul kabar bahwa konektivitas USB 3.2 dengan kecepatan 20 Gbps akan tersemat di perangkat dalam waktu dekat. Tak lama kemudian, Intel sudah sesumbar soal standar generasi berikutnya, USB 4.

Pengumuman itu disampaikan dalam sebuah acara di Taipei baru-baru ini. Intel mengklaim, USB 4 akan memiiki kecepatan dua kali lipat dari USB 3.2.

Standar USB generasi baru ini akan menggunakan dua jalur untuk menggenjot kecepatan transfer data hingga 40Gbps pada kabel USB-C bersertifikat 40Gbps.

Baca juga: Sekencang Apa Transfer Data dengan USB 3.2?

Selain itu, Intel juga akhirnya menawarkan Thunderbolt 3 kepada para manufaktur dengan lisensi terbuka.

USB 4 pun nantinya akan terintegrasi dengan Thunderbolt 3. Ini berarti USB 4 akan menjadi induk dari semua konektivitas berkabel sehingga siap dipakai untuk perarangkat PCIe dan DisplayPort.

Kemungkinan USB 4 akan diadopsi ke banyak perangkat lebih cepat dibanding Thunderbolt 3.
Dirangkum KompasTekno dari Engadget, Selasa (5/3/2019), hingga saat ini, hanya ada 463 perangkat yang memiliki sertifikasi Thunderbolt 3.

Thunderbolt 3Engadget Thunderbolt 3

Kendati demikian, USB 4 memang masih terlalu dini untuk dibicarakan. Organisasi USB Promoter Group baru akan memberikan detail spesifikasi USB 4 pada pertengahan tahun 2019.

Belum ada pernyataan tentang kompatibilitas USB 4 dengan versi Thunderbolt terbaru di masa yang akan datang. Intel hanya mengatakan akan tetap mempromosikan Thunderbolt bersamaan dengan USB4.

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Konektor Baru Pengganti USB

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber ENGADGET
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X