Cara Mengecek Laptop Asus Anda Dibajak "Hacker" atau Tidak

Kompas.com - 26/03/2019, 09:42 WIB
Ilustrasi virus komputer http://www.trueit.com/Ilustrasi virus komputer

KOMPAS.com — Sebuah kabar mencengangkan menimpa Asus. Setidaknya ada lebih dari 500.000 laptop Asus telah disusupi malware dan diretas pihak tidak bertanggung jawab.

Insiden peretasan ini pertama kali terungkap oleh perusahaan antivirus Kaspersky Lab. Peretasan ini konon telah terjadi dari Juni hingga November 2018 dan baru terungkap Januari 2019.

Aksi ini dilakukan dengan cara mendistribusikan malware lewat sistem pembaruan yang digelontorkan server Asus. Malware kemudian membuat sebuah backdoor yang memungkinkan peretas menyusup pada perangkat.

Untuk mengetahui apakah laptop Asus milik Anda menjadi salah satu korban peretasan atau tidak, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke halaman https://shadowhammer.kaspersky.com/ dan mengetikkan MAC address laptop Asus Anda pada kolom yang tersedia.

Baca juga: 500.000 Laptop Asus Dibajak Peretas lewat Update Software

Untuk mendapat MAC address perangkat laptop Anda, caranya juga mudah. Bagi pengguna Windows, Anda harus masuk ke dalam menu Command Prompt (cmd) terlebih dahulu.

Windows 10

Bagi pengguna Windows 10, Anda bisa langsung mengetikkan kata kunci "cmd" pada bilah pencarian yang terletak di sisi tombol Windows, atau Anda bisa mengklik tombol "Start" kemudian cari pilihan "Windows System" di bagian bawah, lalu pilih "Command Prompt".

Windows 8

Untuk pengguna Windows 8 dan 8.1, gerakkan mouse Anda ke pojok kiri atas untuk membuka kolom pencarian, kemudian ketik "cmd" dan tekan Enter.

Windows 7

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X