TikTok Jadi Sarana Baru Musisi Populerkan Lagu

Kompas.com - 09/04/2019, 14:20 WIB
Aplikasi Tik Tok di Google Play Store Play StoreAplikasi Tik Tok di Google Play Store

KOMPAS.com - Masih ingat saat YouTube menjadi sebuah paltform berjasa bagi karir beberapa musisi tenar saat ini? Sebut aja penyanyi Pop Justin Bieber, Shawn Mendes, Alessia Cara, dan masih banyak lagi.

Popularitas mereka menanjak berkat video-video yang mereka unggah di YouTube kala itu. Kini, paltform berbagi video pun mulai banyak bermunculan, meski saat ini masih didominasi YouTube.

Aplikasi asal China, TikTok bisa dibilang cukup fenomenal. TikTok memang sempat dikritik karena dianggap kurang mendidik. Tapi bagi yang bisa memanfaatkan, TikTok bisa membuahkan pundi-pundi.

Seperti YouTube, TikTok juga berjasa atas popularitas penyanyi rap pendatang baru bernama Montero "Lil Nas X" Hill. Namanya memang masih terbilang asing, belum setenar penyanyi pop yang disebutkan sebelumnya.

Namun mungkin saja, lagunya pernah tak sengaja Anda dengar di cuplikan meme yang beredar di TikTok atau media sosial lain. Pasalnya, lagu Hill berjudul "Old time Road" kerap menjadi latar belakang video meme.

Baca juga: TikTok Luncurkan Aplikasi Video Chat Mirip Instagram Stories

"Saya mempromosikan lagu sebagai meme selama beberapa bulan sampai akhirnya muncul di TikTok dan menjadi besar," ujar Hill.

"Saya cukup akrab dengan TikTok, saya selalu berpikir bahwa video-video tersebut sangat lucu. Ketika menjadi trending topic, itu adalah hal paling luar biasa bagi saya," akunya.

Menurut Hill, banyak orang yang mencoba menurunkan "Old Time Road" dari trending, tapi lagu tersebut malah semakin membumi. Berangkat dari TikTok, "Old Time Road" sukses menduduki nomor ke-15 di tangga lagu terpopuler dunia, Billboard's Top 100.

Tak ada royalti langsung

Tagar "#yeehaw" ala "Old Time Road" merajalela di ribuan video di TikTok. Video-video tersebut laris manis ditonton 67 juta kali. Meski banyak yang mencatut lagunya sebagai latar belakang meme, tapi Hill tidak mendapat royalti langsung dari penggunaan lagu tersebut.

Artinya, semua orang bebas menggunakan lagu tersebut secara cuma-cuma. Tapi, popularitas lagunya memberikan keuntungan secara finansial bagi Hill. Laman Spotify Hill pun kecipratan untung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X