Ramadhan, Indosat Siapkan "Bandwidth" 18 TB per Hari

Kompas.com - 26/04/2019, 07:06 WIB
Tampak pada gambar Selo Purnomo, Division Head Sumatera Field Engineer (paling kiri) dan Martoni, Sales Area Manager Padang (paling kanan) saat uji jaringan Ramadhan dan Lebaran di Masjid Raya Sumatera Barat, kota Padang, Kamis (25/4/2019). Bill Clinten/Kompas.comTampak pada gambar Selo Purnomo, Division Head Sumatera Field Engineer (paling kiri) dan Martoni, Sales Area Manager Padang (paling kanan) saat uji jaringan Ramadhan dan Lebaran di Masjid Raya Sumatera Barat, kota Padang, Kamis (25/4/2019).

PADANG, KOMPAS.com - Indosat Ooredoo memprediksi bakal ada kenaikan lalu-lintas data sebesar 15 persen hingga 20 persen di jaringannya selama periode Ramadhan dan Lebaran 2019.

Secara lebih rinci, pada momen itu, Indosat Ooredoo memprediksi penggunaan data bisa mencapai 9,3 terabyte (TB) per hari, sementara trafik SMS mencapai 125 juta SMS per hari, dan trafik layanan suara mencapai 2,1 juta erlang per hari.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Indosat Ooredoo telah meningkatkan kapasitas data (bandwidth) hingga 18,4 TB per hari, kapasitas layanan SMS hingga 975 juta SMS per hari, dan kapasitas layanan suara hingga 37 juta erlang per hari.

Sebagai informasi, erlang merupakan jumlah rata-rata saluran layanan telepon yang digunakan secara bersamaan, dalam periode waktu tertentu.

Selain meningkatkan kapasitas jaringan, kondisi jaringan telekomunikasi juga akan dipantau selama Ramadhan dan Mudik Lebaran melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) dan Indosat Service Operation Center (i-SOC).

Baca juga: Jelang Ramadhan, Indosat Gelar Uji Kesiapan Jaringan di Padang

Pusat pelayanan i-NOC dan i-SOC sendiri akan bertugas sebagai pusat monitoring seluruh jaringan dan layanan secara nasional.

Pemantauan jaringan secara lebih intensif juga dilakukan melalui Command Center yang akan beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah masa Mudik Lebaran.

Hal itu dilakukan sebagai upaya Indoesat Ooredoo untuk mengidentifikasi masalah yang timbul secara proaktif melalui tim Performance Monitoring dan secara reaktif melalui tim Customer Service.

Nantinya, sebelum sebuah gangguan berimbas bagi pelanggan, tim Indosat Ooredoo juga akan langsung memperbaiki performa jaringan tersebut agar layanan Indosat Ooredoo bisa digunakan dengan lancar.

"Jadi pada saat H-3 dan H+3 pada momen Lebaran 2019 nanti, kami akan melakukan monitoring jaringan melalui Command Center," ujar Selo Poernomo, Head of Field Engineer Sumatera Indosat Ooredoo, di kumpul media di Padang, Kamis (25/4/2019).

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X