6 Tanda iPhone Sudah Harus Diganti

Kompas.com - 06/06/2019, 13:01 WIB
iPhone 4 AppleiPhone 4
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Apple rutin menyalurkan update software dan sistem operasi untuk ponsel iPhone besutannya. Biasanya satu model iPhone akan mendapat pembaruan secara terus menerus selama lima tahun sejak waktu peluncuran.

Ditambah dengan pengoperasian yang mulus dan tingkat kompatibilitas aplikasi yang tinggi karena minimnya fragmentasi, maka banyak pengguna betah bertahan dengan satu model iPhone selama bertahun-tahun.

Namun, layaknya semua barang elektronik, akan tiba waktunya saat iPhone harus diganti dengan yang baru. Entah karena penggunaannya sudah tidak nyaman atau ada biaya yang tidak dapat dijustifikasi.

Ada tanda-tanda yang bisa diamati untuk menentikan apakah iPhone sudah harus diganti. Berikut ini 6 di antaranya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari MakeMac, Kamis (6/5/2019).

1. Tak mendukung iOS terbaru

Seperti disebut sebelumnya, Apple biasanya akan memberikan pembaruan software dan iOS untuk satu model iPhone selama 5 tahun.

Apabila suatu model sudah tidak mendapat iOS versi terbaru, maka umurnya sudah lebih dari itu dan kemungkinan sudah kekurangan tenaga untuk menjalankan aneka fitur software dan OS baru.

Contohnya, iPhone 5S yang dirilis pada 2013 masih mendapat update iOS 12 di 2018. Namun, untuk iOS 13 tahun ini, perangkat tersebut sudah tidak kebagian sistem operasi baru tersebut.

Baca juga: iOS 13 Meluncur, Ini 11 Fitur Barunya Termasuk Mode Gelap

2. Tidak kompatibel dengan aplikasi terkini

Ponsel lawas maka jeroannya pun lawas pula dan boleh jadi tak mendukung kebutuhan kinerja atau fungsi dari software masa kini.

Misalnya, iPhone 6 atau yang lebih lama tidak bisa menjalankan aplikasi atau game berbasis Augmented Reality (AR).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X